Bagaimana Tips Memanajemen Waktu untuk Media Sosial?

Tips memanajemen waktu untuk media sosial – Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat hingga semuanya bisa diakses dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah dalam bidang komunikasi, untuk menghubungi seseorang tidak perlu menggunakan telepon atau SMS lagi karena memakai media sosial pun bisa. Namun yang menjadi pertanyaan besar, bagaimana tips memanajemen waktu untuk media sosial? Anda pastinya semua tahu jika medsos itu akan membuat seseorang menjadi kecanduan untuk selalu memakainya tanpa batasan waktu.

6 Tips Memanajemen Waktu untuk Media Sosial

Tips memanajemen waktu untuk media sosial
Berbicara tentang media sosial memang sangat menyenangkan. Sekarang ini hampir semua orang memiliki akun media sosial baik itu dipakai untuk berkomunikasi maupun untuk hiburan. Media sosial saat ini kehadirannya memang begitu penting karena manfaatnya pun juga banyak. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah bisa membantu menjalankan usaha bisnis anda atau dalam artian sebagai tempat promosi atau iklan gratis. Namun tidak semua orang menggunakan media sosial dengan baik. Sebagian orang menggunakannya hanya untuk hiburan semata.

Tetapi tahukah anda? Menggunakan medsos untuk hiburan itu harus ada batas waktunya juga. Hal ini dikarenakan supaya anda tidak kecanduan dan lebih produktif lagi, lalu bagaimana tips memanajemen waktu untuk media sosial yang baik dan benar itu? Lihatlah beberapa poinnya di bawah ini.

1. Buatlah jadwal

Mungkin ini agak sedikit konyol karena anda harus membuat jadwal hanya untuk bermain akun media sosial yang anda miliki. Tetapi ini sangat diperlukan karena untuk menghindari dari kecanduan medsos yang akan membuat anda menjadi tidak produktif. Pertama anda harus membuat jadwal membuka medsos anda, misalnya saat istirahat jam kerja atau pun saat akan pergi tidur. Carilah jadwal yang sesuai dengan kebutuhan anda dan pastikan tidak mengganggu jam kerja atau kegiatan sehari-hari.

2. Fokus terhadap pekerjaan

Apabila anda fokus terhadap pekerjaan, tentunya anda tidak akan membuang-buang waktu dengan bermain media sosial. Kebanyakan orang menjadi kecanduan bermain medsos sepanjang hari karena mereka tidak fokus terhadap pekerjaan. Jika anda fokus tentunya medsos tidak akan mengganggu pekerjaan anda dan pekerjaan pun akan cepat terselesaikan dengan baik.

3. Matikan koneksi internet handphone anda

Tips memanajemen waktu untuk media sosial selanjutnya adalah mematikan koneksi internet pada handphone anda. Hal ini sangat berpengaruh sekali karena koneksi internet dimatikan maka akun-akun media sosial anda tidak akan mendapatkan notifikasi. Dengan begitu anda akan lebih fokus dengan kegiatan atau pun pekerjaan. Apabila sudah selesai dengan pekerjaan maka silahkan hidupkan lagi koneksi internet anda. Namun ada pengecualian, jika anda sedang berbisnis menggunakan media sosial sebagai lapak dan tempat promosi, tidak perlu mematikan koneksi internet karena nantinya pelanggan bisa lari.

4. Jangan terpancing ingin membuka notif di handphone

Yang membuat seseorang menjadi kecanduan dengan media sosial adalah hasrat untuk selalu membuka handphone ketika ada notifikasi masuk. Ya, hal ini tentu pernah anda alami bukan? Sedikit-sedikit membuka handphone karena handphone bergetar ada pemberitahuan masuk, entah itu email atau pun pemberitahuan status terbaru teman anda. Untuk memanajemen waktu supaya tidak kecanduan, maka jangan mudah terpancing ingin membuka notif di handphone.

5. Isi hari-hari anda dengan kegiatan lain

Bagi anda yang bekerja, tentu bermain medsos tidak boleh sembarangan waktu membukanya karena bisa mempengaruhi kinerja. Tetapi bagi anda yang menganggur seperti mahasiswa, menghabiskan waktu bermain medsos merupakan hal yang lumrah. Tetapi untuk memanajemen waktu anda supaya lebih produktif lagi maka isilah hari anda dengan kegiatan lain. Tips memanajemen waktu untuk media sosial yang satu ini memang sangat efektif. Anda bisa mengisi waktu luang anda dengan membaca buku, membuat karya atau pun sekedar berkumpul bersama teman. Dengan begitu anda tidak akan kecanduan bermain media sosial.

6. Jangan terlalu banyak akun media sosial

Masyarakat Indonesia sendiri cenderung memiliki banyak akun media sosial. Pastinya semua orang memiliki akun Facebook, Twitter, BBM, Instagram, Path dan masih banyak lagi. Jika ingin memanajemen waktu supaya lebih efektif maka cara yang paling ampuh adalah tidak terlalu banyak memiliki akun media sosial. Pakailah medsos yang benar-benar anda butuhkan saja untuk berkomunikasi atau pun untuk mendapatkan informasi. Jangan semua medsos anda pakai supaya bisa dibilang ngetren. Hal ini juga akan membuat handphone menjadi lambat karena memorinya semakin menipis.

Keenam tips di atas wajib anda coba untuk menghindarkan dari kecanduan bermain media sosial. Sebenarnya media sosial itu memiliki dampak positif bagi semua orang tetapi akan berubah negative apabila seseorang tidak bisa mengatur waktunya dengan baik karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memantau medsos. Semoga tips memanajemen waktu untuk media sosial pada artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Viola
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
6 jam yang lalu
 
Trimulyani
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
7 jam yang lalu
 
Bunny
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
11 jam yang lalu
 
kopi
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
23 jam yang lalu
 
Zanwar
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
Kenapa bayar lebih kalau bisa kurang?
Gunakan voucher code: IWANTLESS pada saat checkout.
Dan dapatkan potongan harga 10-20%*!
Tetap yang paling aman, berkualitas dan garansi 1 tahun.
*Tingginya potongan diskon dapat berubah setiap saat.