Trik Berjualan di Marketplace Supaya Laris Manis

Di era teknologi dan serba digital seperti sekarang, semakin banyak saja marketplace di Indonesia yang bermunculan. Mulai dari Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing marketplace memiliki karakteristiknya, sehingga Anda yang ingin berjualan di marketplace tersebut harus mengetahui ciri khasnya agar konsumen mudah datang ke toko Anda.

Misalnya saja Shopee memiliki karakter dengan pembeli yang lebih banyak yaitu wanita. Meskipun karakternya yang berbeda-beda, tetap saja Anda bisa semakin terbantu untuk menjualkan produk-produk Anda, apalagi dapat mempromosikannya dengan lebih efektif. Tidak heran konsumen akan menjadi semakin lebih mudah didapat selain dari penjualan offline.

Trik Berjualan di Marketplace Supaya Laris Manis
Baik penjualnya maupun pembelinya, keduanya akan sama-sama memiliki keuntungan, salah satunya adalah keamanannya. Penjual tidak akan mendapatkan uangnya jika pembeli belum mengkonfirmasi pesanannya sudah sampai. Karena keunggulannya tersebut, marketplace selalu menjadi pilihan penjual untuk mempromosikan dan menjualkan barang-barangnya.

Namun, Anda yang sukses berjualan di marketplace, seperti Shopee, berikut beberapa trik untuk Anda.

Gunakan Nama Toko yang Mudah Diingat

Tokopedia dan marketplace lainnya memiliki banyak sekali toko-toko yang dijadikan tempat usaha penggunanya, maka dari itulah Anda harus memilih nama toko yang mudah diingat. Sebelum Anda menentukan nama tokonya, pastikan namanya belum digunakan oleh penjual yang lain. Dengan begitu, toko Anda sudah memiliki ciri khas dari nama tokonya.

Tidak perlu menggunakan nama-nama yang sulit. Meskipun nama sulit terkesan keren, tapi untuk para calon konsumen bisa saja sulit mengingatnya. Usahakan memilih nama toko yang masih berhubungan dengan barang yang akan Anda jual.

Foto Profil Gunakan Logo Toko Anda

Foto profil sangat penting untuk toko Anda, karena menjadi alasan kenapa calon konsumen memilih Anda. Agar terlihat menarik, jangan sembarangan memasang foto profil. Ada baiknya Anda memakai logo sebagai foto toko Anda, karena calon konsumen akan lebih percaya pada toko Anda.

Jika Anda belum memiliki logo, buatlah dengan kreasi yang unik dan berbeda dari logo-logo toko lainnya. Jangan lupa, buat logo yang juga mudah diingat calon konsumen agar toko Anda mudah ditemukan. Selain itu, pasang warna pada background logonya dengan warna merah atau kuning. Kedua warna tersebut sudah dianggap sebagai penarik perhatian pengunjung, sehingga mereka akan sengaja datang membuka toko Anda.

Pasang Jasa Ekspedisi Bervariasi

Shopee maupun marketplace lainnya menyediakan banyak sekali jasa ekspedisi yang dapat dimanfaatkan pembelinya untuk mengantarkan produk yang diinginkannya. Toko Anda akan semakin ramai jika Anda memasang berbagai pilihan alternatif jasa ekspedisi yang bisa mereka pilih. Anda yang berdomisili di kota besar, ada baiknya mengaktifkan semua jasa ekspedisi yang tersedia agar calon konsumen semakin mudah memilih kurir.

Kurir menjadi salah satu keputusan calon pembeli ingin membeli produk dari toko Anda. Semakin banyak kurir yang Anda tawarkan, maka toko Anda semakin berpeluang ramai pembeli. Namun, tetap Anda pertimbangkan pemilihan jasa yang dekat juga dengan tempat tinggal atau kantor bisnis Anda. Tidak mungkin saat ingin mengirim barangnya, Anda harus jauh-jauh terlebih dahulu ke tempat jasa pengirimannya, bukan?

Jelaskan Deskripsinya yang Singkat namun Jelas

Tidak jarang penjual yang berjualan di marketplace memberikan deskripsi yang kurang jelas untuk calon konsumennya. Padahal deskripsi sangat penting dijadikan pertimbangan calon pembeli yang sedang melihat-lihat produk pada suatu toko. Karena itulah, pasang deskripsi yang jelas tapi jangan terlalu bertele-tele.

Jelaskan warna barang yang tersedia, jumlah stoknya, fitur yang terdapat pada produk Anda, bahan yang digunakan, dan sebagainya. Produk yang memiliki deskripsi yang jelas akan membuat pengunjung menjadi semakin mudah membeli barang-barangnya.

Gunakan Foto Produk yang Asli dan Jelas

Salah satu kekecewaan yang sering dialami oleh pembeli yaitu barang yang dibelinya tidak sesuai dengan foto produk yang dijual. Tidak heran pembeli barang online merasa ragu untuk membeli barang yang diincarnya di marketplace. Karena itu, agar mendapat kepercayaan dari pengunjung, ada baiknya menggunakan foto produk yang asli dan tentunya kualitas gambarnya jelas.

Memasang foto barang asli membuat pengunjung yang melihatnya tidak akan ragu-ragu membeli barang dari toko Anda. Pastinya Anda tidak ingin mendapatkan barang yang tidak sesuai ekspetasi, bukan?

Pasang Harga Bersaing

Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak merupakan marketplace yang tentunya jumlah toko di dalamnya tidak sedikit. Tidak heran di dalamnya terdapat penjual-penjual yang memasang harga kompetitif agar pengunjung dapat memilih produk toko mereka. Salah satu cara agar toko Anda dilirik pengunjung yaitu memasang harga bersaing.

Pastikan Anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum memasang harga jualnya. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah memperkirakan berapa harga jual yang pantas untuk Anda tawarkan. Harga yang terjangkau membuat pengunjung akan tertarik dengan barang-barang di toko Anda.

Selain cara-cara di atas, Anda pun juga harus meningkatkan kualitas toko Anda. Berjualan di marketplace tidak ada artinya jika Anda belum memiliki rating toko, karena sebagian besar calon pembeli melihat rating toko yang bisa lebih dipercaya. Bagi Anda yang ingin meningkatkan rating, followers, dan sebagainya, gunakan saja belifollowers.com, melalui https://belifollowers.com/shop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
ray
Jumlah pesanan 345000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
Dyah
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
steven
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
Naura
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
Muthia
Jumlah pesanan 180000.00 IDR
2 minggu yang lalu