Tren Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Eksistensi Diri

Tren Media Sosial Instagram – Media sosial merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi di bidang komunikasi. Orang-orang yang menggunakan teknologi sekarang ini juga sudah terbiasa dengan adanya media sosial. Mereka akan saling memberi kabar dengan cara yang paling mudah. Bahkan, bisa dikatakan hal remeh seseorang bisa diketahui orang lain karena media sosial.

Media sosial nyatanya memiliki tempat tersendiri di hati para penggunanya. Media sosial kalau bisa diakses sesering mungkin agar tidak ketinggalan informasi yang tersebar sangat banyak di dunia maya. Bahkan sekarang ini, ada pula bentuk kecemasan yang dialami seseorang ketika berjauhan dengan telepon pintar dan tidak bisa mengakses fitur-fitur yang ada di dalamnya termasuk media sosial.

Dari awal mula kemunculannya, berbagai macam media sosial mengalami pasang surut. Media sosial yang pertama kali mengalami pelonjakan pengguna yang sangat signifikan adalah facebook. Facebook mungkin menjadi media sosial pertama yang dimiliki hampir seluruh orang yang ada di dunia. Kesuksesan facebook tidak bisa terlepas dari ketepatannya menjawab kebutuhan masyarakat kala itu.

Seseorang sangat ingin berbagi berbagai macam informasi, entah yang hanya terkait dengan dirinya sendiri ataupun informasi yang memiliki banyak keterkaitan dengan orang banyak. Menjawab keinginan tersebut, facebook menyediakan fitur berbagi foto, video dan status yang berisi pemikiran yang ingin dibagikan kepada khalayak dengan cara yang mudah.

Berbagai macam pemikiran atau hal yang ingin diketahui orang hanya perlu diketik pada kolom yang disediakan kemudian klik tombol bagikan maka informasi tersebut bisa dinikmati oleh semua orang.

Setelah fitur-fitur sederhana yang dimiliki facebook mendapat sambutan hangat dari masyarakat, ada lebih banyak lagi fitur yang disediakan facebook untuk menfasilitasi keinginan seseorang untuk selalu diperhatikan. Semakin hari, semakin banyak unggahan yang terkait diri seseorang tersebar. Tujuan persebaran tersebut pastinya tidak jauh dari eksistensi yang selalu berusaha untuk didapatkan.

Setelah kemunculan facebook. Banyak lagi media sosial lain yang juga menunjukkan taringnya. Twitter muncul sebagai media sosial yang menawarkan tampilan lini masa ketika diakses oleh penggunanya. Berbagai macam pemikiran atau gagasan yang dimiliki seseorang bisa dilihat dari tweet yang dibagikan.

Selain itu, topik-topik yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna twitter di seluruh dunia bisa terlihat. Hal itu biasa disebut dengan trending topics. Trending topics terpilih berdasarkan banyaknya hashtag atau tagar yang dibagikan oleh pengguna.

Selanjutnya, ada lagi media sosial yang sangat diminati oleh masyarakat dunia, yaitu instagram. Berbeda dengan media sosial yang lain, instagram mengkhususkan penggunanya untuk berbagi foto kepada pengguna lainnya.

Fitur awal yang dimiliki instagram masih sangat sederhana. Di masa awal kemunculannya, instagram hanya memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi foto dalam ukuran segi empat. Hal itulah yang menjadi salah satu ciri yang dimiliki instagram dan entah bagaimana, semakin hari semakin banyak pengguna baru yang bergabung untuk ikut memakai media sosial yang bernama instagram.
Tren Media Sosial Instagram
Fitur-fitur yang jauh lebih keren dibandingkan awal kemunculannya semakin terlihat ketika pengguna baru instagram semakin berdatangan. Setelah itu, fitur video dengan durasi 1 menit bisa digunakan oleh penggunanya. Berbagai macam konten semakin kreatif diciptakan oleh banyak orang. Entah itu video tutorial melakukan suatu hal yang bisa dilakukan secara cepat. Video promosi makanan, minuman atau sejenisnya dan masih banyak lagi konten video yang bisa dinikmati oleh semua pengguna.

Lebih dari itu, sekarang ini instagram jauh lebih berkembang. Ada pula fitur instastory yang memungkinkan pengguna untuk membagikan aktivitas apa yang sedang dikerjakan. Instastory memiliki karakteristik yang akan langsung hilang secara otomatis setelah 24 jam diunggah. Hal tersebut semakin memudahkan orang-orang untuk memiliki atau mempertahankan eksistensi yang ada.

Eksistensi semakin mudah melekat ketika seseorang memiliki ciri khas tertentu yang bisa dilihat di profil instagram-nya. Misalkan seseorang yang memiliki kegemaran jalan-jalan atau review makanan. Orang tersebut dengan hebat menjelaskan makanan apa yang enak untuk dikonsumsi.

Selain itu ada pula rekomendasi restoran atau tempat makan yang harus dicoba. Dengan isi konten seperti itu, eksistensi yang dimiliki tidak terasa akan langsung melekat. Orang akan langsung membuka profil instagram-nya ketika ingin melihat konten makanan atau bagi pengguna lain yang sedang mencari rekomendasi tempat makan.

Hal yang sama juga terjadi bila beberapa pengguna memiliki ketertarikan lebih di bidang make up. Tutorial make up apapun yang dilakukan akan selalu ditunggu oleh pengguna lain yang memiliki minat yang sama dan sedang berada di fase belajar. Berbagai macam testimoni atas suatu produk kecantikan juga tidak luput untuk dibagikan kepada akun-akun pengikutnya.

Hal yang mungkin disayangkan adalah adanya pengguna yang menginginkan eksistensi diri hanya dengan memamerkan harta benda yang dimilikinya di instagram. Tidak ada hal khusus yang bisa dibanggakan untuk menjadi konten yang bermanfaat untuk orang lain. Pada dasarnya, mencari eksistensi diri di media sosial tidaklah salah. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah ketika eksistensi diri yang akhirnya diraih mampu memberikan manfaat juga bagi orang di sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Clementine Isti
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
7 hari yang lalu
 
Evelyn
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Bina
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Jejen
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Romeo
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu