Tips Waktu untuk Posting di Sosial Media

Tips Waktu untuk Posting di Sosial Media – Mengunggah status, foto maupun video pada media sosial untuk promosi rupanya tak bisa sembarangan. Kita harus tahu timing yang tepat dan mengamati waktu-waktu penting kapan pengguna sosial aktif berseluncur di dunia maya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada jumlah viewers yang akan melihat postingan Anda, serta dampaknya pada jumlah like dan peminat produk Anda. Sampai-sampai tidak salah jika ada yang bilang bahwa waktu adalah uang.

Meskipun pengguna media sosial selalu aktif kapan pun, tak peduli pagi, siang maupun malam, tapi ternyata ada jam-jam tertentu yang sangat pas untuk memposting konten Anda pada berbagai media sosial. Berikut ini adalah uraian dan tips waktu untuk posting sosial media berdasarkan beberapa sumber yang menghitung grafik pengguna sosial media.

1. Tips Waktu Posting paling Tepat di Instagram

Beriklan di Instagram untuk menarik perhatian penggunanya memang sedang sangat trend. Selain itu, beberapa terakhir ini juga populer sistem promosi endorsement, yang mana biasanya akan meminta sejumlah selebritis intagram untuk berfoto dengan barang promosi Anda dan diupload ke instagram si seleb.

Namun, selain endors, cara lain adalah dengan selalu rutin upload foto maupun video tentang usaha Anda. Meskipun rutin, Anda pun harus mempertimbangkan waktu atau di jam-jam berapa followers Anda aktif menggunakan instagram. Supaya ketika Anda posting, followers tersebut bisa segera melihat postingan terbaru Anda. Jam-jam terbaik untuk posting yakni:

a. Menurut Hubspot jam 3 sore sampai 4 sore di hari senin sampai kamis adalah waktu terbaik untuk posting.
b. Sedangkan menurut data Latergramme, Anda dapat posting di instagram pada hari rabu jam 5 sore.
c. Sedangkan data lain mengungkapkan bahwa jam terbaik untuk posting adalah pada pukul 6 pagi sampai 12 siang di hari kerja.
Data-data tersebut mengungkap bahwa Anda disarankan aktif upload sosial media di jam-jam kerja maupun sekolah, karena mungkin beberapa orang suka merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan mereka sehingga membuka instagram adalah pilihan yang cukup baik untuk refresing sejenak.

2. Tips Waktu Upload Paling Tepat di Facebook

Facebook memang bukan perintis sosial media pertama, tapi jika menyebut sosial media yang paling booming dan mendunia, Anda pasti akan mengingat facebook untuk pertama kali. Pengguna facebook sendiri tidak memandang usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti setidaknya memiliki satu akun facebook pada perangkat gawai mereka. Tidak salah jika sosial media satu ini dijadikan sasaran oleh para usahawan untuk mempromosikan atau mengampanyekan produk-produk, baik berupa barang maupun jasa.

Namun, meskipun penggunanya cenderung melimpah, ternyata pengguna facebook pun memiliki waktu-waktu tertentu untuk menjelajah di dunia maya ini. Waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk mengakses facebook biasanya:
a. Antara hari kamis dan jumat, pukul 1 siang dan 3 sore. Waktu-waktu ini paling banyak digunakan untuk membagi unggahan dan mengklik postingan-postingan berbau brita terkini atau produk tertentu.
b. Namun menurut Optimizely, pengguna facebook sering aktif mulai pukul 6 sore sampai 8 malam dari hari senin sampai kamis. Mungkin karena jam-jam tersebut adalah waktu beristirahat usai makan malam.
c. Menurut microsoft dan hubspot memiliki grafik yang sama, yakni pengguna facebook rata-rata aktif pada jam 1 siang sampai 3 sore di hari kamis hingga jumat.

3. Tips Waktu Upload Medis Sosial di Twitter Paling Baik

Media sosial lain yang paling banyak penggunanya adalah twitter. Meskipun penggunanya tidak sebesar facebook, media sosial ini cukup efektif untuk melakukan promosi produk. Sayangnya, media sosial ini memiliki kelemahan karena setiap tweet akan selalu bergeser ke bawah digantikan tweet-tweet baru, sehingga mudah sekali untuk postingan Anda tenggelam tanpa bisa dibaca dulu oleh followers. Meskipun facebook dan instagram juga demikian, tapi adanya histori pada facebook dan fitur eksplore pada instagram dapat membantu mengangkat postingan yang tenggelam.

Oleh sebab itu sangat penting untuk tahu waktu paling tepat upload di twitter, di mana para penggunanya sedang aktif-aktifnya mengakses situs satu ini. Waktu-waktu tersebut antara lain:
a. Pukul 12 siang hari hingga jam 6 sore.
b. Pukul 5 sore saat jam-jam pulang kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Clementine Isti
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
Evelyn
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
Bina
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
6 hari yang lalu
 
Jejen
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
7 hari yang lalu
 
Romeo
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu