Tips Sukses Berjualan Online dengan Sosial Media

Bisnis Online dengan Memanfaatkan Sosial Media

Tips Sukses Berjualan Online – Sosial media sekarang ini fungsinya tidak hanya untuk berkomunikasi saja tetapi fungsinya ada banyak. Dengan ini anda juga bisa berbisnis online atau berjualan online. Untuk saat ini pun berbisnis online menjadi fenomena baru di kalangan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri lagi jika toko konvensional kalah pamor dengan toko online.

Bagi yang berminat untuk menjalankan bisnis online, ini sangat bagus karena prospect nya cerah. Semakin ke sini orang-orang semakin memilih belanja di toko online karena jauh lebih praktis dan hemat. Tak heran banyak bisnis-bisnis online bermunculan saat ini.

7 Tips Berbisnis Online dengan Sosial Media


Menjalankan bisnis online itu sebenarnya tidak susah. Modalnya pun tidak membutuhkan dana banyak dan modal pertama yang harus dimiliki adalah gadget dan koneksi internet. Bagi yang berminat, berikut ini ada 7 tips sukses bisnis online dengan memanfaatkan social media.

1. Pasang foto profil dengan produk anda
Salah satu tips pertama yang bisa anda coba untuk meraih sukses berbisnis online adalah memasang foto profil dengan menggunakan produk yang anda jual. Di setiap social media pasti ada fitur profile picture nya dan itu bisa anda gunakan untuk memperkenalkan produk anda tersebut. Sebisa mungkin anda sering ganti foto profil tersebut dengan produk-produk yang dijual supaya lebih up to date.

2. Menentukan target marketing
Supaya bisnis online anda berjalan lancar, tentu saja anda harus bisa menentukan target pemasaran produk yang dijual tersebut. Sebagai contoh, anda menjual produk baju muslim maka target marketing potensialnya pada yang bersangkutan seperti para wanita muslimah. Dengan demikian, anda bisa membuat grup social media seperti baju muslim terbaru, baju muslim murah atau baju muslim modern.

3. Menggunakan hashtag
Berjualan di social media itu supaya banyak yang mengenali maka anda harus menggunakan hashtag di setiap postingannya. Utamanya jika anda memanfaatkan Instagram sebagai lapak berjualan. Setiap akan memposting foto produk, jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Tujuan dari penggunaan hashtag sendiri untuk memudahkan orang-orang dalam melakukan pencarian.

Sebagai contoh, anda memiliki bisnis online dibidang fashion hijab dan supaya mudah dicari orang anda harus menyiapkan hashtag popular. Misalnya anda bisa menggunakan #hijabmodern #hijabterbaru dan lain sebagainya.

4. Cepat merespon pelanggan
Tips penting supaya jualan online anda banyak pelanggan adalah cepat merespon pelanggan. Ketika anda sudah memposting gambar produk, maka nantinya akan ada calon pembeli yang bertanya-tanya tentang produk anda tersebut. Supaya pelanggan tidak menunggu lama, anda harus bisa cepat meresponnya. Dengan respon yang cepat tersebut maka penjualan produk pun juga akan cepat laku.

Biasanya para pembeli itu lebih senang dengan online shop yang cepat menanggapi para pelanggannya meskipun itu hanya sekedar menjawab pertanyaan. Jadi, usahakan anda jangan pernah meninggalkan gadget apabila sedang menjalankan bisnis online dan jika ingin bisnis tersebut sukes mendapatkan banyak keuntungan.

5. Buat status/postingan yang menarik
Untuk menarik para calon pembeli, anda bisa membuat status atau pun postingan di social media. Namun status maupun postingan tersebut harus yang benar-benar berisi. Berisi di sini maksudnya adalah kontennya menarik, enak dibaca dan informatif. Misalnya anda bisa membuat status bersangkutan dengan produk itu.

Anda juga bisa memposting postingan tentang berita yang sedang panas-panasnya saat ini. Tetapi ingat, jangan memposting berita yang tidak bermutu atau memposting hoax karena pasti calon pembeli enggan untuk menengok ke profil anda tersebut. Menulis status atau postingan pun intensitasnya jangan terlalu sering tetapi jedanya juga jangan terlalu lama.

6. Bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan
Salah satu tips untuk mendapatkan untung dengan bisnis online melalui social media adalah membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang harus anda terapkan. Ketika anda belanja di toko konvensional, tentu anda akan bertemu dengan pelayan toko dan mereka pun melayani dengan ramah dan baik.

Tak beda juga dengan toko konvensional, meskipun berjualan online itu tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung, tetapi membangun komunikasi yang baik itu sangat penting. Bila ada pembeli yang banyak bertanya, anda tinggal jawab saja dengan baik dan singkirkan rasa kesal, bagaimanapun juga pembeli adalah raja.

7. Broadcast tentang produk
Tips yang terakhir adalah lakukan broadcast tentang produk yang anda jual. Tetapi ingat, broadcast tersebut jangan terlalu sering apalagi setiap hari karena ini nanti akan mengganggu. Minimal anda bisa broadcast mengenai produk anda tersebut seminggu sekali dan jangan monoton. Anda bisa tambahkan konten-konten menarik di dalamnya atau bisa disertakan diskon.

Ketujuh tips berjualan online dengan memanfaatkan social media seperti di atas perlu anda coba. Jika ingin meraih keuntungan, jangan lupa untuk menerapkannya pada toko online anda, selamat mencoba.

instagram-followers
beto
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
23 jam yang lalu
 
fb-views
Eko
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
facebook-fotolikes
Eko
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
3 hari yang lalu
 
instagram-followers
Redita
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
3 hari yang lalu
 
instagram-followers
Gita
Jumlah pesanan 950000.00 IDR
6 hari yang lalu
 
WhatsApp chat
Kenapa bayar lebih kalau bisa kurang?
Gunakan voucher code: IWANTLESS pada saat checkout.
Dan dapatkan potongan harga 10-20%*!
Tetap yang paling aman, berkualitas dan garansi 1 tahun.
*Tingginya potongan diskon dapat berubah setiap saat.