Tips Memperkuat Password Akun Media Sosial

Tips Memperkuat Password – Media sosial memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern. Orang-orang yang menggunakan akun media sosial memang memiliki berbagai macam tujuan. Mulai dari hanya sekedar iseng, tidak ingin dicap kurang gaul, sarana mencari teman lama, syarat tugas kuliah/sekolah, hingga berjualan online. Namun, seiring menjamurnya fenomena media sosial ini, orang-orang juga jadi rentan menjadi korban pencurian identitas.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa alasan. Pertama, biasanya pemakai akun media sosial terlalu mengumbar kehidupan pribadinya, sedangkan fitur privasi tidak begitu diperhatikan. Sehingga, orang yang tidak dikenal pun bisa dengan mudah mengambil data pribadi Anda seperti foto/video, alamat dan tanggal lahir kemudian menggunakannya untuk kepentingan lain. Alasan ke dua yakni, terjadinya pembobolan sebuah akun dari oknum/individu tertentu yang biasanya disebut hacker.

Hacker atau orang yang membobol media sosial Anda biasanya akan mengambil alih akun tersebut, mengganti passwordnya sehingga Anda sebagai pemilik yang asli tidak bisa menggunakan, lalu memakai akun Anda yang sudah memiliki banyak follower/teman untuk kepentingannya sendiri.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal ini? Supaya media sosial Anda tidak mudah disusupi atau diambil alih, segeralah perkuat passwordnya. Berikut ini tips memperkuat password akun media sosial yang bisa Anda simak;

Tips Memperkuat Password Dengan Membuat Password yang Cukup Rumit

Password yang rumit itu seperti apa? Yakni password yang memakai berbagai kombinasi huruf, angka maupun simbol.
1. Usahakan password mengandung huruf besar dan huruf kecil, misalnya; ‘jALanKepanTAi’. Anda juga bisa memberinya spasi jika memang diperbolehkan, misalnya ‘akU SUkA AyAM GoreNG’.

2. Jangan menggunakan kombinasi yang lemah seperti; ‘m4k4n pud1ng’, ini juga terlalu rawan sebab masih mudah dibaca. Usahakan jangan memakai huruf kecil semua. Ingat cara pertama, kombinasikan hurus besar dan kecil. Kemudian tambahkan beberapa angka. Misal: ‘m4K4NpuD1Ng’, contoh ini lebih aman. Selain kata tanpa spasi tersebut tak terdaftar di kamus, huruf besar dan kecil akan menyulitkan pembacaan password oleh hacker.

3. Buatlah password yang hanya Anda sendiri mengerti maksudnya. Pakai simbol-simbol tertentu untuk mengartikan sesuatu, misalnya; lambang $ atau ¥ mengartikan uang, tanda (->) mengartikan adalah, King dalam Inggris adalah raja, Dun mengartikan Dunia, Gold dalam bahasa Inggris adalah emas. Sehingga jika Anda menulis; KingDun->$Gold (artinya raja dunia adalah uang emas). Atau, Anda ingin lebih memperumitnya lagi menjadi; K1ngDuN->$gOld atau K1ngDuN->¥gOld.

4. Gunakan password yang cukup panjang jika Anda tidak terlalu suka mengutak-atik simbol. Hal ini bisa Anda lakukan jika merasa cara nomer 3 terlalu sulit. Maksimalkan panjang karakter password Anda. Tapi jangan lupa memakai huruf besan dan kecil. Atau, Anda bisa memakai singkatan yang hanya diketahui Anda sendiri, misal; Aku Cowok Ganteng menjadi ‘KuCoWGan’.

Tips Memperkuat Password Dengan Mengamankan Password Anda

Setelah berhasil membuat kombinasi password yang rumit, jangan lupa untuk mengamankannya. Namun, dengan cara apa Anda harus mengamankan password-password yang sulit diingat tersebut?

Apakah harus mencatatnya di note dan ditempelkan di monitor? Atau mencatat di buku dan meletakkannya di meja kerja/belajar? Jangan lakukan itu. Sebab bisa saja teman atau orang luar melihatnya. Solusinya adalah coba memakai database portabel, contohnya KeePass atau memakai jasa LastPass maupun 1Password. Cara ini akan membuat password Anda tersimpan aman di sebuah database yang terkunci oleh sebuah password.

Namun, cara ini juga akan cukup menyulitkan seandainya Anda lupa password KeePass. Otomatis, Anda kehilangan password semua media sosial Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya jaga baik-baik KeePass Anda.
Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan

1. Tidak menggunakan password yang sama di berbagai media sosial. Bedakanlah password facebook dan twitter, instagram, youtube, dan lain-lain. Sebab, jika seorang hacker bisa menjebol satu media sosial Anda, otomatis akun yang lain akan bisa dibajak juga.
2. Jangan malas mengganti password secara rutin. Ingat, setidaknya ganti password selama 3 bulan sekali.
3. Jika mengganti password, jangan gunakan kombinasi yang pernah dipakai. Gunakan password yang benar-benar baru.
4. Jangan memakai nama, alamat, hobi, nama adik, nama ibu, tanggal lahir, dan hal-hal pribadi yang banyak diketahui orang sebagai kombinasi password.
5. Jangan malas menghapus histori browser setelah memakai PC umum atau milik orang lain.
6. Sebisa mungkin tidak memakai PC/komputer yang memiliki KeyLogger. Apa itu? Keylogger adalah sebuah aplikasi yang dapat merekam kegiatan di sebuah komputer. Termasuk password yang Anda ketik di keyboard.

Demikian beberapa tips untuk memperkuat password akun media sosial. Namun yang perlu diingat, menjaga akun media sosial bukan hanya dengan memperkuat password, melainkan juga lebih memperhatikan apa saja yang Anda post. Usahakan jangan mengepost hal-hal yang terlalu pribadi, sebab tanpa membobol akun medsos Anda pun, orang lain bisa menggunakan hal tersebut untuk suatu kejahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Viola
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
8 jam yang lalu
 
Trimulyani
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
8 jam yang lalu
 
Bunny
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
12 jam yang lalu
 
kopi
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
Zanwar
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
Kenapa bayar lebih kalau bisa kurang?
Gunakan voucher code: IWANTLESS pada saat checkout.
Dan dapatkan potongan harga 10-20%*!
Tetap yang paling aman, berkualitas dan garansi 1 tahun.
*Tingginya potongan diskon dapat berubah setiap saat.