Tips Memilih Hashtag Instagram Untuk Meningkatkan Popularitas

tips memilih hashtag

Tips Memilih Hashtag Instagram – Menggunakan sosial media seperti Instagram untuk memasarkan bisnis sudah menjadi hal jamak dewasa ini. Sebagai pengguna Instagram, tentu Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih hashtag yang pas untuk meningkatkan popularitas akun yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah follower dan calon konsumen potensial untuk bisnis Anda.

gunakan hashtag yang tidak terlalu panjang

Fungsi Hashtag

Ketika Anda memposting foto ke akun Instagram, lazimnya turut disertakan pula caption sebagai pengantar atau penjelasan foto tersebut. Hashtag atau tagar biasanya juga turut ditambahkan ke dalam caption dengan peran layaknya sebuah keyword pencarian Instagram.

Dengan adanya hashtag, postingan Anda akan muncul pada hasil pencarian bertema sama dengan hashtag tersebut. Semakin mudah postingan ditemukan, maka semakin besar peluang postingan Anda dilihat orang dan pada akhirnya semakin besar peluang produk Anda mengalami closing. Untuk bisa mencapai ini, tentu Anda harus menggunakan hashtag yang tepat.

Cara Memilih Hashtag Instagram

tips memilih hashtag

1. Pilih yang sesuai postingan
Tak hanya foto yang bagus, postingan Instagram juga membutuhkan hashtag yang tepat agar mudah ditemukan di pencarian. Pilih hashtag yang sesuai dengan produk dan caption yang Anda unggah. Hindari menambahkan hashtag yang tak berhubungan dengan isi postingan maupun membuat konsumen bingung.

2. Pilih sesuatu yang unik
Menggunakan hashtag yang unik membuka peluang untuk menjadi trending topik atau menjadi hashtag yang pertama kali dipakai. Jika hashtag Anda menjadi trending topik, tentu peluang produk Anda menjadi populer semakin besar. Namun, pastikan hashtag unik yang Anda pakai masih sesuai dengan tema postingan yang Anda unggah.

3. Hashtag strategis
Tak hanya unik, memilih hashtag untuk bisnis juga harus strategis. Pemilihan hashtag yang strategis seperti memilih hashtag yang sedang populer membuat postingan Anda semakin mudah dilihat orang. Tips menemukan hashtag yang sedang populer yakni dengan mencari di kolom “search”.

Ketikkan kata yang merujuk pada produk maupun jasa yang Anda jual dan hashtag yang berhubungan dengan produk tersebut pun akan muncul. Di samping itu, Anda bis menggunakan aplikasi Android Hashtagger untuk mencari hashtag yang sedang populer.

Langkah menggunakan hashtag strategis lainnya yakni dengan menggunakan hashtag lokasi. Menggunakan hashtag lokasi seperti kota atau negara membuat postingan Anda mudah ditemukan oleh orang-orang yang tinggal di kawasan yang sama atau orang-orang yang sengaja mencari postingan tempat tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan hashtag populer dengan hashtag lokasi sehingga kemungkinan postingan Anda muncul di pencarian semakin besar. Pastikan hashtag yang Anda kombinasikan bukan hashtag nyampah atau hashtag abuse tapi masih sesuai dengan tema postingan yang diunggah sehingga tampak lebih dipercaya.

4. Batasi hashtag
Meski Anda bisa mengkombinasikan hashtag hingga maksimal 30 hashtag, sebaiknya tetap batasi penggunaan hashtag di postingan Anda. Menambahkan banyak hashtag justru membuat postingan tampak kurang bagus, kurang rapi dan membuat pembaca jadi terganggu. Lebih baik gunakan maksimal 20 hashtag di setiap postingan.

5. Tambahkan hashtag di video
Seperti layaknya Twitter, Anda juga bisa menambahkan hashtag di postingan yang berbentuk video. Bila Anda berpromosi menggunakan video seperti video tutorial, video testimoni pelanggan atau video keunggulan produk, jangan lupa untuk menambahkan hashtag di caption video tersebut. Penggunaan video untuk berpromosi di Instagram tengah digemari karena algoritma Instagram menyukai video.

hashtag tanpa spasi
6. Perhatikan penempatan hashtag
Penempatan hashtag juga menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Hashtag yang bisa menarik calon konsumen bisa diletakkan di akhir caption atau di kolom komentar pertama. Penempatan hashtag di kolom komentar pertama membuat caption tampak lebih rapi dan memiliki efek yang sama dengan hashtag yang ada di dalam caption.

7. Gunakan hashtag pendek
Hashtag relevan itu penting, tapi kalau hashtag tersebut terlalu panjang, sebaiknya dihindari. Hashtag yang terlalu panjang justru membuat pengguna Instagram lainnya enggan atau kesulitan untuk membaca hashtag tersebut. Hashtag yangterlalu panjang juga jarang dipakai orang sehingga jarang menjadi trending. Jadi, bukannya menguntungkan, hashtag terlalu panjang justru merugikan.

8. Jangan terlalu memaksa menggunakan spasi atau tanda baca
Ketika menambahkan hashtag di caption postingan Instagram, penggunaan tanda baca maupun spasi tak akan berfungsi. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan spasi seperti ‘#makanan_enak’, ‘#minuman-hangat’ atau ‘#masakan rumah’, maka yang terbaca hanya kata pertama yang ada di dalam hashtag tersebut sedangkan sisanya tak terbaca.

pilih hashtag populer
Jika Anda benar-benar ingin menggabungkan dua kata di dalam hashtag, maka lakukan dengan mengkapitalkan huruf pertama setiap kata seperti ‘#MakananEnak’ atau ‘#MasakanRumah’. Dengan menggunakan huruf kapital pertama di setiap kata, hashtag tersebut akan lebih mudah terbaca dan dimengerti oleh follower.

Dengan menerapkan cara memilih hashtag di atas, diharapkan postingan Anda bisa tampil di newsfeed dan mendapatkan banyak like maupun follower. Semakin sering postingan Anda tampil di newsfeed, tentu semakin besar pula peluang produk Anda laris.

instagram-followers
Afan
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
9 jam yang lalu
 
twitter-followers
Andreas
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
facebook-likes
Adit
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
instagram-followers
Mama
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
twitter-followers
Arief
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
3 hari yang lalu
 
Kenapa bayar lebih kalau bisa kurang?
Gunakan voucher code: IWANTLESS pada saat checkout.
Dan dapatkan potongan harga 10-20%*!
Tetap yang paling aman, berkualitas dan garansi 1 tahun.
*Tingginya potongan diskon dapat berubah setiap saat.