Tips Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Bisnis

Tips Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Bisnis – Sekarang media sosial membawa peranan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Khususnya bagi kalangan anak muda. Mereka bisa mengeksistensi diri melalui sosial media. Ada berbagai sosial media yang sudah beredar dan hitz banget. Instagram menjadi salah satunya. Sosial media yang sudah diunduh oleh lebih dari lima ratus juta orang ini, bisa capture moment dengan cara men-posting foto atau video. Orang-orang bisa saling terkoneksi dengan aplikasi ini. Selain itu, mulai beberapa waktu lalu, kita bisa melihat live stories dari followers kita.

Banyak anak muda yang kreatif memanfaatkan instagram moment yang sedang booming ini dengan menjadikannya sebagai peluang usaha berbisnis. Berbagai macam jenis peluang bisnispun digaet untuk menambah uang saku atau malah dijadikan pemasukan tetap seperti startup online atau online shop. Hal ini pasti sangat memudahkan bagi para konsumen dong pastinya! Apalagi mereka yang kecanduan online shopping. Tinggal klik langsung chat sama penjual dan barang siap diantar ke rumah.

Namun dari sisi si penjual, berjualan online melalui instagram nggak segampang yang dipikir, lho! Mereka harus memastikan bahwa media pemasaran mereka melalui instagram memang benar-benar worth it dan membuat para calon pembeli percaya kalau online shop kita emang trusted. Pasalnya, banyak banget yang embel-embel online shop, eh taunya nipu!

Nah, artikel kali ini berguna banget untuk kalian yang ingin mencoba online shop atau yang udah punya online shop tapi omzet masih kurang memuaskan? Mungkin ada yang salah dengan cara kalian memanfaatkan metode ini. Hmm.. let’s find out what’s wrong with your method! Ini dia tips memanfaatkan instagram untuk meningkatkan bisnis!

1. Watch your product!


Untuk tips pertama, perhatikan produk yang kamu jual. Apa emang sudah sesuai dengan keinginan pasar atau belum? Terus apa produkmu atau online shop yang kamu miliki berbeda dengan yang lain dan akan menjadi ciri khas yang bisa jadi kekuatanmu? Selain mengikuti trend, produk kamu juga jangan pasaran banget ya. Usahakan untuk mencari produk yang long lasting.

Misalnya kalau kalian ingin menjual berbagai jenis alat tulis, kamu bisa menambahkan pola-pola kreatif dan desain-desain unik dalam produk kamu. Alat tulis kan dipakai semua orang kan, pastinya. Dan lagi, sekarang kalau alat tulis lucu-lucu itu orang-orang litany seneng banget! Apalagi cewek, deh! Mereka bakal rela buat koleksi produk-produk yang kamu produksi kalau para pembeli cocok banget sama kamu. Banyak pastinya anak-anak yang suka koleksi warna dalam satu kotak pensil mereka.

2. Get much followers!


Next tips for tips memanfaatkan instagram untuk meningkatkan bisnis is get much followers! Soalnya beberapa orang bahkan melihat itu online shop trusted atau nggak, ya dari jumlah follower mereka. Karena ada gula ada semut dong.. online shop yang punya banyak follower kemungkinan besar udah punya nama karena mereka memuaskan pelanggan! Tapi jangan sampai kalian melakukannya dengan cara membeli follower ya! It is a Big No! Karena bakal sia-sia banget. Soalnya kadang para followers yang didapat dengan cara membelinya itu pada akunnya nggak aktif. Nggak mau kan online shop-mu kaya gini? Terus gimana buat dapetin banyak followers?

As usual, kamu bisa komen di akun instagram orang, cuy! Ini emang agak gimana gitu, tapi worth to try kok. Coba kamu kasih komentar di instagram para selebgram atau artis yang udah terkenal, tambahan juga, kalian bisa komentar di orang-orang yang suka nge-like atau nge-follow akun sejenis. Ribet sih, tapi kamu itu juga keliatan kok dari profil mereka. Misalnya kamu jual banyak macam produk jilbab, ya komentar aja di akun para duta hijab misalnya, atau selebgram hijabers gitu.

Kemudian, jangan nge-lock akun instagram online shop kamu, kalau emang belum punya jumlah follower sesuai standar. Kenapa? Karena kalau salah satu foto di profil kamu di-like, maka bakalan muncul di laman explore dari follower yang nge-like fotomu tadi. Paham nggak? So, kalau kamu lock akun online shop kamu, orang-orang jadi nggak bisa ngintip-intip dong!

3. Promote each other!

Tips Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Bisnis
Udah banyak yang pada melakukan hal ini kok. Tips memanfaatkan instagram untuk meningkatkan bisnis ini dilakukan dengan cara minta bantuan sama online shop lain (kalau bisa yang udah punya nama) buat mempromosikan online shop kamu! Saling membantu dan mempromosikan bisa membuat online shop semakin terkenal.

4. Keep your feeds eye-catchingly!


Ini yang patut dan kudu dijaga sebagik-baiknya! Produk udah oke, follower udah lumayan, pelayanan juga sudah cukup memuaskan, eh, kok feeds instagram profile-nya nggak rapi? No.. no.. Jangan sampai kejadian ya, guys! Foto-foto yang menggambarkan produk kamu harus ditata sedemikian rupa agar memikat. Dari mata turun ke hati. Kan siapa tahu, gara-gara lihat feeds akun online shop kamu yang keren abis dan informative tentunya, para calon pembeli bakal langsung kepincut sama kamu, eh maksudnya pingin beli produknya gitu..

Pastikan juga kalau kamu sudah mencantumkan nomor yang harus dihubungi kalau ingin fast response, cara pengiriman barang, deskripsi barang (bisa kamu letakkan di caption) dan harga barang. Nggak mau dong, kalau orang-orang bolak-balik nanya harga ke private chat-mu. Mending langsung ditulis aja sekalian.

Nah, itu dia tips memanfaatkan instagram untuk meningkatkan bisnis. Bisnis online itu emang nggak gampang, tapi kalau kita udah tau kuncinya, pasti lancar jaya kok!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Clementine Isti
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
7 hari yang lalu
 
Evelyn
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Bina
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Jejen
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Romeo
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu