Perkembangan Dunia Teknologi yang Berdampak Pada Kemudahan Berkomunikasi

Perkembangan Dunia Teknologi – Seiring dengan perkembangan zaman dunia teknologi pun mengalami perkembangan yang cukup pesat pula sehingga mampu mempengaruhi gaya hidup masyarakat dunia khususnya dalam hal berkomunikasi yang semakin mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hal itupun didukung dengan adanya jaringan internet.

Perkembangan Dunia Teknologi

Perkembangan Dunia Teknologi
Jika zaman dahulu internet merupakan suatu yang langka maka saat ini hampir setiap sarana dan prasarana telah menggunakan internet dan internet sudah tidak menjadi hal yang dianggap mewah oleh seseorang karena hampir semua orang kini sudah bisa mengakses internet. Hal Inipun dibuktikan dengan adanya berita elektronik yang berkembang pesat.

Pada mulanya sebelum Internet menyebar luas di masyarakat Indonesia, koran merupakan sumber utama untuk mendapatkan informasi berita yang tengah terjadi baik itu informasi ekonomi ataupun politik. Akan tetapi saat ini eksistensi koran seakan meredup dengan munculnya berita-berita elektronik di internet.

Hal ini karena membaca berita melalui internet dirasa lebih praktis dan cepat untuk mendapatkan informasi terkini Terlebih lagi dengan dukungan smartphone atau gadget lainnya. Buku smartphone sendiri menjadi salah satu barang yang tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat di zaman modern seperti ini dan bahkan Smartphone hampir dimiliki oleh semua orang.

Tak hanya itu dengan adanya perkembangan teknologi akan mempermudah kegiatan politik karena seseorang bebas untuk menyuarakan pendapat mereka terutama di negara demokrasi seperti di Indonesia. Hal ini juga didukung dengan munculnya berbagai macam media sosial Seperti Twitter Facebook, instagram dan sosial media lainnya

Pengertian dan Jenis Sosial Media

Pengertian dan Jenis Sosial Media
Media sosial sendiri merupakan sebuah media online dimana akan memberikan kesempatan para penggunanya untuk saling terhubung sehingga bisa melakukan komunikasi ataupun interaksi baik secara teks, gambar audio, hingga video. Pesan yang disampaikan pun tidak harus melewati gate keeper terlebih dahulu dan pengiriman pun akan lebih cepat bahkan di waktu yang sama.

Sebenarnya sosial media yang berkembang saat ini memiliki fungsi yang hampir sama satu sama lain. Adapun beberapa jenis media sosial yang perlu Anda ketahui seperti yang diungkapkan oleh kotler dan Keller yang membagi sosial media menjadi tiga jenis sebagai berikut:

1. Online Communities and forums
Merupakan komunitas online dan forum di mana media sosial ini dibuat oleh para pelanggan ataupun kelompok tertentu yang merupakan pelanggan tanpa memiliki bunga komersil ataupun dengan afiliasi pada perusahaan tertentu.

Akan tetapi biasanya kegiatan disponsori oleh perusahaan melalui postingan pesan ataupun diskusi lainnya yang berhubungan dengan produk. Lebih ringkasnya media sosial ini sebagai wadah untuk jual beli.

2. Blog
Merupakan sosial media yang juga memiliki banyak pengguna. Biasanya sosial media jenis blog ini digunakan untuk keperluan tertentu seperti membagikan pengalaman pribadi sebagai catatan pribadi ataupun tujuan lainnya agar mempengaruhi Banyak masyarakat untuk membaca isi blog.

3. Social Network
Inilah jenis media sosial yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang baik remaja hingga dewasa. Biasanya media sosial jenis ini bertujuan untuk menghubungkan atau memperluas jaringan pertemanan. Sosial media jenis ini yang cukup populer seperti Facebook Twitter ataupun Instagram.

Kelebihan Sosial Media

Kelebihan Sosial Media
Tidak hanya untuk bertukar informasi saja, sosial media juga telah menjadi tempat untuk berbisnis yang menguntungkan. Bahkan sosial media seperti Facebook memberikan fitur bisnis tersendiri sehingga sangat mudah untuk melakukan kegiatan bisnis dengan pasar yang telah tertarget juga.

Sosial media seperti Facebook Instagram YouTube Twitter Whats App telegram Snapchat dan masih banyak lagi seakan menjadi bagian dari semua orang. Lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh sosial media tersebut berikut ulasannya.

1) Sosial media memudahkan seseorang untuk berkomunikasi sehingga jarak jauh akan terasa lebih dekat. Bahkan saat ini anda bisa menelepon sekaligus melihat wajah seseorang dari jarak jauh dengan adanya fitur video call di hampir semua aplikasi chatting dan pesan yang Anda kirim bisa diterima dalam hitungan detik dengan adanya jaringan internet.

2) Anda akan diberikan kemudahan untuk melakukan komentar ataupun tanggapan terhadap isu-isu yang sedang terjadi ataupun berkomentar di setiap postingan teman yang unik dan menarik.

3) Anda bisa melakukan bisnis di Lini sosial media anda sehingga jaringan pasar anda lebih luas dan kesempatan mendapatkan Pelanggan dari berbagai daerah lebih besar. Bahkan biaya yang harus dikeluarkan untuk berbisnis di sosial media cenderung lebih murah bahkan Anda Kemungkinan tidak akan mengeluarkan biaya per postingan.

4) Tak hanya itu, dengan adanya social media yang mengalami perkembangan yang pesat Anda juga bisa mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia dengan cepat.

5) Anda bisa menambah jaringan pertemanan dengan seseorang dari berbagai daerah.
Kendati memberikan banyak hal positif, media sosial juga memberikan dampak negatif terhadap penggunanya diantaranya adalah membuat penggunanya menghabiskan waktu berjam-jam, lebih sering bersosialisasi melalui internet dibandingkan secara langsung serta tingkat egois akan meningkat.

Dengan adanya perkembangan teknologi, akan ada baiknya seseorang lebih bijak dalam memanfaatkannya dan para orang tua juga harus mengawasi anak dibawah umur agar tidak menggunakan sosial media secara sembarangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Amanda
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
12 jam yang lalu
 
Hamtari
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
16 jam yang lalu
 
Fazary
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
21 jam yang lalu
 
Qahwar
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
Glambar
Jumlah pesanan 1150000.00 IDR
3 hari yang lalu