Pentingnya Optimasi E-Commerce untuk Bisnis Online Jangka Panjang

E-Commerce

Pentingnya Optimasi E-Commerce untuk Bisnis Online Jangka Panjang – E-Commerce dapat diartikan sebagai perdagangan elektronik. E-Commerce merupakan penyebaran, pembelian, pemasaran, penjualan jasa dan barang yang memanfaatkan internet atau jaringan komputer dalam memasarkannya.

Sekarang ini banyak sekali bisnis yang sudah beralih menjadi e-commerce karena keuntungannya dirasa dapat berkali-kali lipat dibandingkan bisnis biasanya. Membangun sebuah website dirasa merupakan langkah yang sangat penting, tidak hanya sebuah media informasi saja, namun juga dapat dijadikan sebagai media bisnis online yang menjanjikan.

Website atau semua yang berkaitan dengan internet meskipun itu media sosial sekalipun, tentu harus dioptimasi sebaik mungkin. Adapun tujuan yang paling mendasar dan utama dari optimasi E-commerce atau website adalah meningkatkan traffic, dengan kata lain meningkatkan jumlah visitor. Untuk melakukan optimasi pada e-commerce, harus dilakukan online marketing yang sangat baik.

Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan online marketing khususnya Optimalisasi Mesin Pencari (SEO), Marketing Jejaring Sosial (SMO), Optimalisasi Konversi (CPA), email, dan lain-lain. Tak heran jika banyak sekali jasa online yang menawarkan online marketing. Seseorang harus mempunyai keahlian khusus tentunya.

Berbagai Manfaat Optimasi E-Commerce

Adapun manfaat yang akan didapat dalam melakukan optimasi e-commerce via online marketing adalah sebagai berikut,

1. Peningkatan Traffic
Lalu lintas dalam e-commerce merupakan hal yang penting. Lalu lintas atau traffic dalam e-commerce berhubungan dengan jumlah visitor yang datang, jika jumlah visitor meningkat, otomatis produksi bisnis juga semakin meningkat dengan kata lain keuntungan akan semakin didapat. Web yang anda miliki harus didesain sedemikian rupa untuk menarik para pengunjung. Untuk mendapatkan jumlah traffic yang besar, anda harus melakukan optimasi SEO di bidang web design, originalitas, keyword research, optimasi gambar produk, dan lain-lain. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, website e-commerce anda dijamin akan berada di bagian depat search engine deh!

2. Efektivitas Biaya
Melakukan optimasi e-commerce memang dirasa cukup ribet bagi orang awam, namun tidak bagi parah ahlinya. Bahkan, melakukan optimsi misalnya SEO untuk suatu e-commerce merupakan strategi online marketing yang sangat hemat. Apalagi jika anda melakukan optimasi e-commerce sendirian, tidak menggunakan layanan jasa online marketing. Pada dasarnya, melakukan optimasi SEO pada sebuah website merupakan investasi yang membutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungannya, jadi anda harus sabar. Dikala traffic sudah meningkat, tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk optimasi SEO akan segera terbayarkan bahkan bisa berkali-kali lipat lho!

3. Brand Awareness
Brand Awareness dalam sebuah bisnis online merupakan suatu hal yang penting, tentunya memiliki website e-commerce yang terletak di peringkat teratas akan sangat bermanfaat pada keberlanjutan bisnis nya. Brand awareness akan meningkatkan kepercayaan bagi para pengunjung dibandingkan dengan website e-commerce lainnya. Ketika merek atau keyword anda diketikkan di dalam search engine, jika website e-commerce anda berada di peringkat paling atas, tentu para pengguna internet akan lebih memilih untuk mengunjungi website anda dibandingkan website yang ada dibawahnya.

4. Mempengaruhi User Experience
Ranking suatu web baik itu e-commerce atau bukan, dipengaruhi oleh User Experience. Halaman web pada search engine mencakup page load speed, relevansi konten, mobile friendliness, dan lain-lain merupakan hal yang penting. Teknik optimasi juga bertujuan untuk memberikan user experience yang baik, sehingga nantinya akan brpengaruh pada conversion rate, kredibilitas, dan kembali lagi ke point nomor tiga, yaitu brand awareness.

Sebenarnya, e-commerce itu tidak hanya bisa diaplikasikan dalam website saja, anda juga bisa menggunakan pemanfaatan media sosial seperti Instagram, line@, twitter, facebook, bahkan youtube sekalipun. Berbagai media sosial tersebut telah menyediakan beberapa fitur yang dikhususkan untuk para pebisnis online sehingga anda mempunyai lapak tersendiri untuk melakukan berbagai transaksi. Keuntungan lainnya, media sosial merupakan suatu media yang hampir setiap hari digunakan oleh masyarakat dibandingkan dengan menggunakan website. Mengenai modal? Tentu saja gratis! Anda hanya diharuskan untuk melakukan optimasi saja dengan benar.

Sekarang coba bayangkan berapa besar modal yang digunakan untuk membangun toko offline? Belum lagi mengurus berbagai surat-suratan jika membangun toko, belum lagi harus mengontrak toko atau tanah jika anda tidak mempunyai bangunan yang digunakan untuk usaha. Lebih baik mengurusi optimasi e-commerce kan dibandingkan sibuk mengurusi hal tersebut? Tenaga tidak terkuras, dan yang paling penting uang pun tidak banyak terbuang sia-sia.

Dalam melakukan optimasi dalam suatu web, dibutuhkan beberapa skill yang didasari dengan pengalaman, ilmu IT, kreativitas, dan lain-lain. Melakukan optimasi sendiri merupakan hal yang susah-susah gampang, anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai teknis website, keywords, analisis data, dan lain-lain. Mudahnya teknologi dan internet sekarang ini juga membuat anda bisa menggunakan jasa optimasi untuk website sesuai dengan apa yang dimau dan dibutuhkan, misalnya jasa SEO atau online marketing di belifollowers.com, harganya terjangkau dan kinerjanya tidak usah ditanyakan lagi.

instagram-followers
Sri
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
instagram-followers
Oni
Jumlah pesanan 950000.00 IDR
4 hari yang lalu
 
play-rating
timotius immanuel
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
4 hari yang lalu
 
instagram-followers
Prima
Jumlah pesanan 0.00 IDR
5 hari yang lalu
 
tiktok-fans-followers
Olif
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Kenapa bayar lebih kalau bisa kurang?
Gunakan voucher code: IWANTLESS pada saat checkout.
Dan dapatkan potongan harga 10-20%*!
Tetap yang paling aman, berkualitas dan garansi 1 tahun.
*Tingginya potongan diskon dapat berubah setiap saat.