Kiat Meningkatkan Penjualan Online di Marketplace secara Efektif

Marketplace sekarang ini menjadi primadona para penjual yang menjualkan barang-barangnya secara online. Di Indonesia, sudah banyak nama yang populer di kalangan pembeli online, seperti Tokopedia, Bukalapak, mau pun Shopee. Tapi, agar menjadi penjual yang sukses, sudah seharusnya kamu mencari cara buat meningkatkan penjualan online toko kamu.

Jangan asal berjualan dan berharap untung banyak kalau kamu masih saja salah menerapkan cara penjualanmu. Marketplace Tokopedia memang memberikan kemudahan buat kamu dengan berbagai fitur yang mendukung toko kamu. Tapi, kamu tidak akan mendapatkan hasil optimal kalau kamu tidak memakainya dengan benar. Begitu juga dengan marketplace lainnya.

Buat kamu yang baru saja merintis berjualan online, mungkin awal-awalnya akan susah dilakukan, apalagi kamu belum punya kepercayaan dari pembeli online. Karena itu, simak dulu beberapa kiat di bawah ini buat kamu praktekkan agar bisa bersaing dengan kompetitor toko lainnya.

Cari Tahu Produk Apa yang Paling Laku di Marketplace


Cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu kamu harus mencari tahu dulu produk apa yang paling banyak dipesan dari suatu marketplace. Mungkin hal ini belum kamu tahu, tiap marketplace ternyata punya produk tertentu yang paling banyak dibeli oleh konsumen, entah itu gadget, alat make up, atau yang lainnya. Karena itu, lebih baik kamu kenali dulu barang-barang apa yang paling laku keras di tempat kamu membuka toko online.

Misalkan marketplace Shopee lebih banyak konsumen yang membeli barang-barang fashion, Tokopedia ternyata lebih dicari buat membeli gadget, Bukalapak banyak yang konsumen yang membeli perlengkapan anak, dan sebagainya. Kamu harus bisa menyesuaikan produk jualanmu dengan apa yang diinginkan konsumen agar penjualan tokomu juga cepat meningkat.

Tidak ada salahnya survey dulu agar kamu tidak salah pilih produk yang mau dijual.

Cari Supplier yang Tepat

Buat kamu yang tidak memiliki atau tidak memproduksi barang sendiri, disarankan kamu memakai supplier. Ada banyak supplier yang bisa kamu pilih, tapi jangan asal kamu pilih karena tergantung juga barang apa yang mau kamu jual. Kamu harus mencari supplier yang tepat buat menaikan penjualan online kamu. Mulai dari kualitas barang yang disediakan sampai harga barangnya harus kamu pertimbangkan dengan baik.

Jangan pilih supplier yang kualitas barangnya kurang baik. Kamu perlu melakukan survey dulu bagaimana kondisi barangnya mereka dan harga yang mereka tawarkan. Pastikan kondisi barangnya bagus saat mereka jual sampai ke tangan kamu. Tentunya kamu tidak mau kan kalau pembelimu mendapatkan barang yang ternyata kondisi barangnya sudah rusak?

Selain itu, pastikan mereka pengirimannya cepat, lebih bagus lagi kalau lokasi berjualan mereka dekat dengan tempat tinggalmu. Jadi, kamu bisa dengan lebih gampang mengambil barangnya dan mengirimkannya langsung ke pembelimu. Harganya jangan lupa kamu pertimbangkan. Pilih supplier yang harga barangnya murah tapi barangnya tidak murahan. Kalau kamu mendapatkan harga yang lebih murah, tentu kamu bisa menjualnya dengan lebih untung.

Aktifkan Fitur Gratis Ongkos Kirim


Selain mempertimbangkan barang yang mau dijual, kamu juga harus memikirkan jasa ekspedisi yang dipakai. Jasa ekspedisi adalah kurir yang mengantarkan barang pesanan ke alamat pembeli. Kamu harus bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik agar pembeli kamu tidak ragu-ragu membeli barangnya di tokomu.

Marketplace Shopee dan lainnya punya fitur gratis ongkir yang bisa kamu aktifkan. Cara ini sangat efektif meningkatkan kualitas tokomu karena kebanyakan pembeli memanfaatkan gratis ongkir buat mengurangi biaya pengeluaran mereka. Jadi, kamu bisa menaikan lagi jumlah calon pembelinya dan meningkatkan kepercayaan mereka buat berbelanja di toko kamu.

Promosikan Produk Kamu Melalui Media Sosial

Mempromosikan produk tidak hanya dari marketplace Bukalapak atau yang lainnya saja. Kamu juga harus bisa mempromosikan barangmu di media sosial karena cara ini juga termasuk efektif mengundang lebih banyak calon pembeli. Coba kamu pasang barangmu di medsos yang punya banyak peminatnya. Jadi, pengguna medsos bisa melihat barangmu dan tokomu punya peluang lebih besar mendapatkan calon pembeli.

Mempromosikan barang di medsos ada yang gratis dan ada yang berbayar. Meski kamu pilih yang gratis, fiturnya sudah cukup mendukung buat toko kamu. Tapi kalau mau lebih banyak lagi fiturnya diaktifkan, kamu bisa bayar langganannya yang harganya juga sebenarnya masih terjangkau saja.

Tingkatkan Rating Toko


Buat meningkatkan penjualan online kamu, jangan lupa juga tingkatkan rating tokomu. Calon pembeli akan semakin percaya pada suatu toko kalau rating yang dimilikinya di atas 4 bintang. Rating yang bagus terhitung dari respon penjualnya, kecepatan pengiriman, review produk, rating produknya, dan sebagainya. Semakin bagus pembelinya memberikan penilaian, akan semakin banyak juga pembeli yag membeli barang di tokomu.

Tapi tidak ada salahnya kamu menaikan rating toko dengan memakai jasa belifolllowers.com. Melalui https://belifollowers.com/shop/, kamu bisa memilih layanan mana yang mau kamu beli. Mulai dari menaikan rating, review pembeli, sampai jumlah like barang bisa kamu dapatkan dengan lebih gampang. Ada berbagai macam marketplace yang bisa kamu tambahkan, jadi kalau kamu punya toko di Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak, kamu bisa menyesuaikannya dengan layanan yang mereka tawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
ray
Jumlah pesanan 345000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Dyah
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
steven
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Naura
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Muthia
Jumlah pesanan 180000.00 IDR
1 minggu yang lalu