Jenis Pekerjaan Kekinian yang Dilakukan Generasi Kekinian dengan Memanfaatkan Sosial Media

Kamu sudah nggak heran lagi kan kalau di era yang serba digital seperti sekarang, media sosial menjadi kebutuhan yang susah banget dipisahkan. Yups, penggunanya yang nggak hanya dari kalangan remaja dan dewasa saja, anak-anak yang masih kecil atau masih duduk di bangku SD saja sudah pintar memakainya. Bisa kamu lihat dari postingan-postingan viral akhir-akhir ini di Facebook yang kebanyakan justru berasal dari anak-anak di bawah umur.

Semakin kuatnya kehadiran sosial media di jaman sekarang, membuat fungsinya semakin lama semakin bergeser. Kalau dulu hanya sebagai tempat untuk mencari teman atau sekedar posting itu posting itu, sekarang fungsinya sudah bisa menjadi lahan lapangan pekerjaan. Generasi milenial yang melihat peluang itu tentu langsung sigap memanfaatkannya sehingga pundi-pundi uang yang didapat juga tidak kalah banyaknya dari pekerjaan utamanya.

Kamu bisa pilih salah satu dari beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan erat dengan sosmed di bawah ini.

1. Social media strategist
Kamu tahu nggak sih, Indonesia termasuk negara yang jumlah pengguna sosial medianya paling banyak? Yups, itu benar banget. Jadinya nggak heran kalau banyak pihak yang memanfaatkan peluang itu untuk membangun bisnisnya di Indonesia dengan memakai medsos. Nggak hanya dari perusahaan lokal saja loh, tapi yang jenisnya multinasional dan internasional juga ikut memasarkan bisnisnya dengan menggunakan sosmed.

Agar pemasarannya terstruktur dan sukses, tidak jarang mereka membuka peluang buat orang yang mau menjadi social media specialist. Jenis pekerjaan itu mengharuskan kamu mengatur strategi jitu buat pemasaran bisnisnya melalui sosmed. Selain itu, mereka juga harus mengoptimalkan pemakaian sosmednya agar semua pemasarannya bisa tertata dengan baik dan berjalan sukses.

2. Selebgram
Selebgram menjadi salah satu jenis pekerjaan yang saat ini mulai menjamur, khususnya pengguna Instagram. Buat kamu yang sering banget mantengin IG, pasti selebgram sudah nggak asing lagi di telinga kamu. Jenis pekerjaan yang hanya memanfaatkan sosial media ini menjadi trend anak muda yang suka bermain IG, apalagi penghasilannya yang nggak sedikit.

Tapi, buat menjadi selebgram tidak segampang apa yang terlihat, loh. Kamu harus punya modal followers yang banyak, konten yang menarik, dan jalan kamu sebagai selebgram juga akan semakin terbuka lebar kalau sudah terverifikasi. Ada banyak cara kok buat naikin followers kamu, salah satunya bisa beli followers di belifollowers.com. Dalam hitungan beberapa menit saja, jumlah followers kamu langsung bertambah banyak.

Terlepas dari itu, penghasilan utamanya tetap berasal dari para endors dan brand-brand ternama yang sudah diajak kerja sama. Bayangkan saja hanya dari 1 postingan saja, kamu bisa mendapatkan belasan juta. Fantastis kan?

3. Youtuber atau vlogger
Youtube menjadi media sosial yang sering dipakai orang buat menonton video, entah trailer, klip-klip film, video lucu, dan masih banyak lainnya. Tapi beberapa tahun belakangan, fungsinya sudah mulai bervariasi, salah satunya menjadi lahan pendapatan tambahan atau bahkan ada yang menjadikannya pekerjaan utama.

Jenis pekerjaan itu disebut sebagai kreator atau yang lebih dikenal sebagai youtuber. Sama seperti selebgram, menjadi youtuber nggak gampang. Kamu harus pikirkan ide-ide menarik dan nggak monoton agar penontonnya selalu penasaran dengan video-video kamu. Selain itu, nggak hanya modal kamera, tapi modal editing juga harus kamu kuasai. Banyak penonton yang tertarik dengan editing videonya yang berkualitas.

Penghasilannya? Pendapatannya nggak kalah banyaknya dari selebgram. Coba saja hitung sendiri kalau tiap video sudah ditonton 100 ribu kali, maka kamu akan mendapatkan $50-100 atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 700 ribu – Rp 1,4 juta. Berapa kira-kira penghasilan hanya buat 1 video?

4. Blogger
Tahu nggak sih kalau sosial media bisa kamu manfaatkan sebagai tempat buat meluapkan tulisanmu? Bisa banget loh dan cocok banget nih buat kamu yang suka nulis tapi nggak bisa punya kesempatan menulis buku. Gunakan saja media blog yang bisa kamu pakai secara berbayar ataupun gratis. Tapi kamu harus punya modal utamanya dulu, yaitu blog dengan memakai top level domain seperti .com atau .co.id., dan tema atau konten yang menarik.

Pilih konten yang menarik buat kamu bahas. Misalnya membahas soal makanan, alat-alat make up, travelling, teknolog, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih. Tapi, pemilihan konten saja tidak cukup kalau kamu nggak ulet dan telaten melakukannya. Kamu yang mood-mood-an membuat isi blognya, pasti nggak akan dapat keuntungan yang sesuai apa yang diinginkan.

Jangan lupa, pasang Google Adsense karena penghasilanmu berasal dari sana semua, seperti content partner, iklan, dan afiliasi. Agar blogmu cepat terkenal, tautkan link blog kamu saat kamu update postingan di platform sosmed lainnya, seperti di thread Twitter atau bisa juga ikut komunitas-komunitas blogger. Ada keuntungannya kamu ikut komunitas itu karena kamu bisa belajar banyak hal mengenai blog-blog dan relasi kamu bisa bertambah banyak juga.

Sudah tahu kan jenis pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan sosial media? Dengan begitu, kamu nggak hanya memanfaatkannya buat senang-senang atau menambah relasi saja, tapi bisa kamu manfaatkan sebagai lahan mencari uang tambahan. Asalkan kamu buat dengan serius, tentu keuntungannya semakin banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
rinald
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
andre
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
abdul rahmad
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
mamacomm
Jumlah pesanan 0.00 IDR
3 minggu yang lalu
 
hendy
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
3 minggu yang lalu