Cara Menghemat Kuota Facebook di Android paling Mudah

Cara Menghemat Kuota Facebook di Android – Meskipun sekarang ini sudah banyak sekali berbagai media sosial yang dapat dipilih tapi rupanya masyarakat belum mau berpisah dengan sang pelopor utama medsos seperti Facebook ini. Tentu saja karena Facebook merupakan media jaringan sosial yang bisa mendekatkan orang jauh dan mempertemukan berbagai masyarakat yang diluar jangkauan kita dan yang pasti memiliki fitur yang tak kalah hebatnya dengan medsos lain.

Facebook menjadi andalan bagi masyarakat dalam berbagai macam hal, dimulai dari sarana menyalurkan isi hati dan pikiran, menyambung tali silahturahmi dengan lebih luas, bermain games, upload video, foto, dan masih banyak lagi. Nah, hal ini yang menimbulkan ketergantungan pengguna terhadap Facebook sehingga pemakaian kuota pun semakin boros.

Banyak sekali orang-orang yang mencari bagaimana cara menghemat kuota Facebook di Android tentu meringankan kekhawatiran akan pemborosan ini. Memang benar, kalau sudah candu seperti Facebook ini rasanya menjadi sulit dipisahkan sehingga tak sadar kuota pun terkuras habis. Apalagi berkat adanya Android membuat masyarakat semakin mudah untuk menggunakannya. Emang ada ya cara mengurangi pemborosan kuota gara-gara candu Facebook?

Tentu saja bisa ada berbagai cara untuk bisa bikin kuota semakin awet, dimulai dari mengandalkan pengaturan Facebook, pake aplikasi tertentu, diet buat gabuka fitur-fitur tertentu, dan masih banyak lagi. Supaya gak penasaran mungkin langsung saja ya!

1. Ubah setting di Facebook

Biasanya faktor penyebab borosnya penggunaan kuota gara-gara Facebook adalah karena terlalu sering upload foto, video, dan terlalu sering menggunakan fitur auto playing video. Nah, ada cara untuk mengatur setting supaya kamu dibuat pantang untuk keseringan menggunakan fitur yang menjadi pemicu boros kuota, cara menghemat kuota Facebook di Android yang pertama adalah :
– Buka apps Facebook lalu tap pada bagian menu (simbol garis-garis)
– scroll dan cari menu “apps setting”
– akan ada beberapa pilihan di menu “apps setting” tersebut, pilih nonaktifkan upload foto dan video HD

Sedangkan untuk menonaktifkan auto play video, di bagian bawah “apps setting” akan ada menu “auto play”, nah disini kamu bisa atur ingin dalam kondisi seperti apakah video tersebut bisa dibuka, apa saat sedang “ on mobile data and WI-FI connection” atau “ on WI-FI connection only atau “Never autoplay video”.

2. Facebook Lite

Cara menghemat kuota Facebook di Android termudah lainnya adalah dengan mengandalkan Facebook Lite. Lite ini bisa dibilang baru dan baru ada akhir-akhir ini, merupakan aplikasi dengan rancangan khusus untuk penggunanya yang ingin menghemat kuota sekaligus surfing Facebook dengan lebih cepat.

Hal ini karena Facebook Lite dibuat sederhana mungkin sehingga tidak memberatkan sistem gadget maupun kuota ketika pengguna membukanya. Facebook Lite merupakan versi yang lebih ringan dari aplikasi Facebook sebelumnya. Tentu saja tersedia untuk Android.

Biasanya Facebook Lite ini sering dipakai oleh pengguna yang masih menggunakan 2G agar tetap bisa tersambung koneksinya untuk bisa menikmati jejaring Facebook. Namun, buat kamu yang sedang hemat kuota atau ingin bisa menikmati layanan media sosial ini dengan cepat, Facebook Lite ini solusinya.

Selain itu ada kelebihan lain lagi dari Facebook Lite ini, yaitu data penyimpanannya yang benar-benar hemat banget. Rupanya selain bisa meminimalisir pemborosan kuota juga berlaku pula untuk menghemat daya penyimpanan, terutama dalam penggunaan RAM.

Hal ini bisa dibuktikan ketika mencoba cek pengaturan pada setiap aplikasi, Facebook Lite hanya memakan memori sebesar 4,5 MB, berbeda dengan aplikasi Facebook versi normal yang harus memiliki kapasitas RAM sebesar 91 MB dan sangat mungkin bisa lebih besar dari itu. Jauh sekali ya?

3. Atur setelan setting di Facebook dengan mode hemat data

Nah supaya kamu tidak boros saat menggunakan kuota terutama saat buka video dan foto, berikut adalah caranya :
– Buka pengaturan seperti sebelumnya
– Cari menu “ Mobile Data” atau “Data Saver” dan aktifkan
– next time kamu bisa memilih menu yang ada tadi untuk dimatikan secara otomatis koneksi Wi-Fi
Bila kamu menggunakan mode data server ini, maka kamu sudah tidak perlu lagi untuk mengaktifikan pilihan untuk menggugah video dan foto kualitas HD, kurang lebih seperti itu.

4. Menggunakan aplikasi protect free VPN

Nah, selain aplikasi sebelumnya seperti Facebook Lite, ada lagi cara menghemat kuota Facebook di Android paling mudah yang ke-4 adalah dengan mengandalkan VPN ini. Perbedaannya dengan Facebook Lite adalah anda tak perlu download di PlayStore melainkan bisa kamu atur langsung di pengaturan Facebook.

Terus gimana caranya?
– buka pengaturan Facebook dengan menu “Mobile Data”
– Nantinya akan muncul izin pemasangan aplikasi Protect Free VPN dan data manager
– klik “Install” lalu kamu harus ikuti langkah-langkahnya sampai selesai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
rinald
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
andre
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
abdul rahmad
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
mamacomm
Jumlah pesanan 0.00 IDR
3 minggu yang lalu
 
hendy
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
3 minggu yang lalu