Cara Mengetahui Olshop di Instagram yang Penipu

Cara Mengetahui Olshop – Berbagai aplikasi sosial media yang telah dikembangkan seperti facebook, twitter, whatsapp, bahkan instagram membuat banyak para pebisnis olshop memanfaatkan media tersebut. Salah satu sosial media yang sedang booming saat ini adalah instagram. Dengan adanya fasilitas canggih banyak sekali para pebisnis olshop yang menggunakan instagram untuk mempromosikan produknya.

Berbisnis olshop melalui instagram sangat memudahkan bagi penjual. Hal tersebut dikarenakan instagram tidak membatasi penjual untuk mengunggah maksimal jumlah foto dan dapat menggunakan dua akun dalam satu instagram. Berbagai kecanggihan yang ada di instagram membuat sebagian orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan tersebut. Berhati-hatilah jika Anda ingin berbelanja olshop di instagram.

Sebaiknya sebelum membeli barang atau produk, Anda haruslah teliti dan cermat tentang olshop yang ingin dikunjungi. Agar tidak mudah tertipu dalam membeli barang di olshop, ikutilah cara-cara seperti di bawah ini. Berikut adalah cara mengetahui olshop di instagram yang penipu :

• Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengecek barang atau produk yang dijual oleh pemilik olshop. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat memastikan apakah produk yang dijual sesuai dengan yang Anda butuhkan dan jelas produknya. Ciri-ciri dari penjual olshop yang penipu adalah pada umumnya si penjual tidak memiliki kejelasan barang atau produk yang dijualnya. Tidak jarang terjadi bahwa barang yang ada di foto berbeda jauh dengan barang yang asli.

• Amatilah followers olshop tersebut. Semakin banyak followers maka akan semakin baik pula kredibilitas dari olshop tersebut. Itu artinya bahwa banyak orang yang tertarik dan percaya dengan olshop tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu indikator bahwa olshop tersebut dapat dipercaya.

• Rekening bank yang digunakan oleh olshop terpercaya umumnya menggunakan bank-bank ternama seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan lain lain. Namun, biasanya penjual olshop di intagram yang penipu tidak berani mencantumkan nomor rekening. Jika mencantumkan nomor rekening bisa jadi nomor rekening tersebut meminjam milik orang lain. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa bukan berarti olshop tidak menggunakan bank-bank ternama, mereka ingin menipu. Jadi tetap berhati-hatilah.

• Sistem dalam berjualan olshop tidak terkonsep dengan baik. Olshop penipu di instagram ada yang melayani 24 jam dan hanya boleh menghubungi via sms saja. Terkadang susah untuk dihubungi oleh pembeli.

• Selanjutnya, Anda harus membaca mengenai spesifikasi produk yang dijual. Selain itu amatilah apakah secara konsisten penjual dalam mengupload foto-foto tentang produknya. Biasanya olshop yang berniat untuk menipu tidak mencantumkan spesifikasi produk dengan jelas bahkan banyak yang tidak mempunyai keterangan spesifikasi.

• Bacalah foto testimoni atau komentar dari pembeli yang sudah terlebih dahulu membeli produk dari olshop tersebut. Cermatilah dengan teliti apakah testimoni tersebut benar-benar nyata dan baik. Olshop di instagram yang penipu biasanya mereka tidak memiliki testimoni. Anda juga bisa melihat pada kolom komentar pada setiap foto-foto yang diunggah untuk membaca komentar dari para followers.

• Pentingnya Anda mengetahui tentang seberapa lama olshop tersebut berkarir. Jika olshop sudah berdiri setidaknya minimal 3 tahun, menandakan bahwa olshop tersebut dapat dipercaya.

• Dalam dunia bisnis terlebih olshop di instagram terdapat istilah endorsement. Amatilah apakah olshop tersebut mengendorse seseorang untuk mempromosikan produknya. olshop yang terpercaya sering mengendorse beberapa orang untuk mempromosikan produk atau barang yang dijualnya. Bahkan banyak artis yang dipilih untuk mempromosikan barang-barangnya untuk menarik minat dan perhatian masyarakat.

• Olshop di instagram yang penipu terkadang memberikan penawaran harga yang jauh lebih murah dari pada penjual yang lainnya. Sebagai contoh penjual dari olshop “X” menjual kamera DSLR terbaru dengan spesifikasi terlengkap seharga Rp. 1.500.000,00 padahal harga di pasaran senilai Rp. 5.000.000,00. Hal tersebut sangat tidak masuk akal. Jika Anda menemukan hal seperti ini ada baiknya jangan diteruskan untuk membeli barang tersebut. Perlu diingat bahwa penjual olshop yang terpercaya biasanya sudah memberikan keterangan harga yang jelas. Jika sewaktu-waktu harga berubah dikarenakan adanya diskon dari penjual.

• Ketika Anda menghubungi penjual olshop untuk menanyakan barang dengan detail, olshop di instagram yang penipu tidak tanggung-tanggung mendesak Anda untuk segera membeli produk miliknya. Hal tersebut lantaran agar kedoknya tidak terbongkar. Bahkan terkadang tanpa pembeli menawar hargapun, mereka memberikan harga yang jauh di bawah standar.

• Cermatilah ketika olshop tersebut memberikan pelayanan kepada Anda. Apakah menggunakan bahasa yang halus, baik, sopan, dan profesional. olshop yang menipu tidak segan-segan menggunakan hal-hal yang tidak nyaman.

Telitilah sebelum membeli produk atau barang di olshop agar kita terhindar dari penipuan olshop yang sekarang marak terjadi. Belilah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan mudah tertarik dengan barang yang terlihat murah. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Viola
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
3 jam yang lalu
 
Trimulyani
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
4 jam yang lalu
 
Bunny
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
8 jam yang lalu
 
kopi
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
20 jam yang lalu
 
Zanwar
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
23 jam yang lalu
 
Kenapa bayar lebih kalau bisa kurang?
Gunakan voucher code: IWANTLESS pada saat checkout.
Dan dapatkan potongan harga 10-20%*!
Tetap yang paling aman, berkualitas dan garansi 1 tahun.
*Tingginya potongan diskon dapat berubah setiap saat.