Cara Menata Feed Instagram Agar Enak Dilihat dengan Tema Terbaik

Pengguna Instagram pasti tahu tentang ‘feed’, tampilan keseluruhan postingan yang ada di akun. Salah satu alasan followers mengikuti IG seorang public figure, influencer, ataupun selebgram bisa jadi karena feed yang rapi. Cara menata feed Instagram agar enak dilihat sebenarnya simple, anda bisa memilih beberapa cara yang akan dibahas berikut ini.

1. Memilih tema menarik

Feed Intagram masih sangat berantakan? Mulai langkah pertama dengan menentukan tema. Jadi, foto-foto yang akan diunggah nantinya memiliki kesamaan. Misalkan orang yang hobi travelling, akan memenuhi feed akunnya dengan perjalanan-perjalanan ke tempat wisata.

Tidak ada patokan tema tertentu yang bisa menaikan followers, karena setiap pengikut akun memiliki kebutuhan informasi berbeda. Mereka yang suka make up, akan mencari akun influencer yang mengulas produk-produk kecantikan, terutama hal-hal yang berkaitan dengan riasan. Sementara kelompok yang suka travelling, lebih memilih akun bertema perjalanan wisata.

Anda bisa memilih tema sesuai passion ataupun hobi. Tema-tema pada umumnya bisa seputar fashion & Beauty, travelling, kesehatan, parenting, dll. Intinya, buat tema yang anda ingin bagikan dan kembangkan dengan postingan-postingan terbaik. Meskipun banyak yang mengusung tema yang sama, pastikan feed Instagram anda memiliki ciri khas yang berbeda.

2. Menggunakan filter yang sama

Setelah tema ditentukan, anda bisa membuat feed Instagram dengan tone warna yang sama. Beberapa orang menerapkan hal ini, dan hasilnya cukup menarik. Warna yang dipilih tidak harus selalu pastel atau kalem saja, anda bisa menggunakan warna gelap maupun terang untuk mendominasi. Seperti misalnya hitam, biru, merah, atau bahkan kuning.

Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan keinginan selera masing-masing. Selain itu, anda bisa mulai belajar untuk editing dan penggunaan filter. Foto-foto yang akan diposting bisa di-edit dan di-filter terlebih dahulu dan lebih baik pengaturannya disamakan. Pengaturan biasanya meliputi tingkat kontras, cahaya, eksprosure, dan sebagainya.

Bagaimana caranya? Gunakan aplikasi editing yang sudah terinstall di laptop maupun samartphone anda. Banyak sekali aplikasi editing yang bisa diunduh, mulai dari tingkat sederhana sampai profesional. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan misalnya seperti VSCO, pengguna bisa langsung menggunakan filter yang ada.

3. Perhatikan ukuran foto

Unggahan gambar yang akan masuk ke feed Instagram sebaiknya memiliki ukuran yang sama. Anda harus belajar konsisten dalam pengaturan ukuran, IG biasanya menggunakan ukuran persegi. Hal ini akan berkaitan dengan kualitas foto yang anda tampilkan. Pastinya, tidak ada pemilik akun yang ingin mengecewakan followernya dengan foto blur ketika diperbesar.

Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya yaitu Squaready yang berfungsi menyamakan ukuran foto yang mau di-upload ke Instagram.

4. Resolusi gambar terbaik

Di zaman modern ini, tidak susah untuk mendapatkan foto dengan kualitas HD. Anda tidak harus mempunyai kamera DSLR ataupun yang lainnya. Maksimalkan smartphone yang ada di genggaman, karena kebanyakan sudah memiliki kualitas jepretan baik. Ingat baik-baik, ukuran foto paling kecil untuk postingan di IG yaitu 640px X 640px.

5. Hindari foto gabungan

Setiap orang berhak memposting apapun ke akun media sosial masing-masing, asal masih dalam aturan yang benar. Tidak memuat konten yang melanggar aturan yang diberlakukan pemerintah. Apabila anda ingin menjadi salah satu orang yang berpengaruh di dunia maya, salah satu cara jadi selebgram adalah tidak menampilkan postingan foto gabungan (collages).

Beberapa opini menyebutkan, jika collages foto sangat mengganggu di feed IG. Foto akan terlihat penuh dan berbeda dari yang lainnya. Cobalah memposisikan diri sebagai followers, karena setiap postingan pasti ingin mendapatkan like dari orang lain.

6. Konsisten dalam memposting

Setelah mengatur tema dan mengedit foto, anda bisa membuat jadwal posting yang konsisten. Jangan sampai dalam satu waktu mengunggah gambar sangat banyak, karena pengikut akan cenderung bosan. Bisa-bisa anda akan mendapatkan komplen, karena yang muncul ke beranda akun mereka semua tentang foto anda.

Jadwalkan misalnya upload setiap hari untuk beberapa foto saja, tetapi tidak dalam satu waktu. Anda bisa mengatur dalam jarak waktu tertentu, setiap 4 jam sekali. Jika aktivitas padat, tetapkan jadual per-minggu, jadi tidak asal-asalan memposting gambar.


Itulah keenam cara yang bisa langsung anda coba untuk merapikan kembali feed IG yang masih kacau. Tren saat ini, lebih banyak menggunakan dominasi warna pastel, pink soft, ataupun putih. Tetapi, kembali lagi pada selera pribadi. Poin plus untuk setiap postingan yaitu unik, bermanfaat dan tidak meniru orang lain.

Gunakan kejelian anda untuk menyediakan konten yang dibutuhkan followers Instagram. Semakin banyak orang yang mengikuti akun anda, maka konten positif yang ingin disampaikan akan menjangkau lebih banyak pengguna Instagram. Kunjungi belifollowers.com untuk mengetahui cara cepat menambah jumlah pengikut. Konsultasikan kebutuhan followers dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Clementine Isti
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
Evelyn
Jumlah pesanan 245000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
Bina
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
6 hari yang lalu
 
Jejen
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
7 hari yang lalu
 
Romeo
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu