Bahaya Hoax, Inilah Tips Menghindari Hoax di Sosmed

Tips Menghindari Hoax di Sosmed – Di era yang serba modern ini, ini sosial media seakan telah menjadi bagian tersendiri dalam hidup masyarakat. Tentunya hampir dari kita semua memiliki salah satu atau lebih akun sosial media. Akun sosial media sendiri dapat memudahkan kita untuk saling terhubung dengan orang lain ataupun membagikan postingan di dalam sosial media. Kendati demikian, tidak sedikit pula orang yang menyalahgunakan sosial media.

Tips Terhindar Dari Hoax di Sosmed

Salah satu penyalahgunaan tersebut adalah dengan menyebarluaskan hoax gimana informasi yang disajikan tidak sesuai dengan fakta. Bahkan tidak sedikit pula orang yang termakan dengan berita hoax tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, anda perlu membaca uraian berikut ini mengenai Tips menghindari box di sosial media.

1. Mencari tahu sumbernya
1. mencari tahu sumbernya
Apakah anda ingin terhindar dari ketika Tengah menemukan informasi atau sedang mencari informasi? Salah satu cara untuk memastikan Apakah berita yang disampaikan berupa hoax ataukah tidak, anda perlu melihat terlebih dahulu situs yang Anda kunjungi tersebut atau sumber informasi itu sendiri.

Apabila berita yang dibagikan di sosial media berasal dari sumber yang tidak terpercaya maka bisa dipastikan berita tersebut tidak sesuai dengan fakta dan ada baiknya anda juga mencari tahu lebih lanjut lagi. Jika anda hendak mencari informasi ada baiknya untuk memilih sumber terpercaya seperti halaman resmi berita karena Terkadang seseorang yang membagikan di sosial media hanya memakan mentah-mentah dan tidak ingin mencari informasi.

2. Mencari referensi sumber lainnya
2. membaca referensi sumber lainnya
Ketika anda mendapatkan berita di sosial media terbaru pastinya anda akan bersemangat untuk membaca nya terlebih lagi apabila berita tersebut cukup populer dan mengagetkan. Kendati demikian anda perlu selalu waspada karena bisa jadi berita yang telah anda baca tersebut tidak sesuai dengan fakta.

Agar tidak terlanjur termakan oleh berita palsu maka cobalah untuk mencari referensi sumber yang lebih terpercaya. Dari sumber terpercaya itulah anda bisa membandingkan Apakah berita yang sebelumnya anda dapatkan sesuai dengan isi berita dari sumber terpercaya tersebut ataukah tidak.

3. Berhenti percaya pada foto ataupun video begitu saja
3. berhernti percaya pada foto ataupun video begitu saja
Dari sekian banyak jenis postingan yang dibagikan di sosial media seperti Instagram ataupun Facebook, terkadang banyak orang yang membagikan foto dan video yang berisi sebuah berita. Walaupun telah memiliki foto dalam postingannya anda tidak perlu mudah percaya begitu saja.

Hal ini karena kita telah tahu apabila foto ataupun video banyak digunakan oleh seseorang yang kurang bertanggung jawab dalam menyebarluaskan berita palsu. Oleh sebab itulah anda perlu mengecek lebih dalam lagi apabila postingan yang dibagikan sangat mencurigakan. Anda bisa mencarinya di Google. Oleh sebab itu pastikan untuk selalu mengecek terlebih dahulu kebenarannya.

4. Baca berita secara menyeluruh
4. baca berita secara menyeluruh
Terkadang tidak sedikit pulang Orang yang hanya fokus kepada bagian judul ataupun headline sebuah berita tanpa menjajah keseluruhan sehingga Hal inilah yang memudahkan seseorang untuk menyebarluaskan berita palsu dan salah tangkap. Ketika anda menemukan informasi terbaru maka ada baiknya anda membaca berita secara keseluruhan.

Dengan membaca berita secara keseluruhan inilah, Anda bisa mengetahui apakah informasi yang dibagikan tersebut memang ada benarnya ataukah tidak dan pastikan selalu mencari referensi berita yang lebih terpercaya dan hindarilah untuk buru-buru membagikan berita tersebut ke lini sosial media agar tidak menjadi sumber penyebab berita palsu.

5. Carilah referensi berita terpercaya
5. carilah referensi berita terpercaya
Bagi Anda yang tidak ingin termakan oleh berita palsu maka ada baiknya untuk menghindari membaca berita melalui situs ataupun akun sosial media yang tidak jelas karena bukan tidak mungkin sumber tersebut hanya menyebarkan berita palsu untuk membuatnya semakin terkenal.

Oleh sebab itulah Carilah Sumber berita yang terpercaya dan ada baiknya untuk selalu bersikap kritis untuk selalu menyaring informasi yang anda dapatkan dari manapun karena Informasi yang tidak sesuai dengan fakta tidak akan pernah membawa manfaat untuk anda.

6. Hindari judul yang provokatif
6. hindari judul yang provokatif
Terkadang sebuah berita memang menyajikan judul yang lebih bombastis dibandingkan dengan isi beritanya. Hal ini tidak lain Karena Mereka menginginkan keuntungan tersendiri dibandingkan menyajikan informasi secara mendetail. Ketika anda menemukan sebuah judul berita yang cenderung provokatif maka ada baiknya untuk segera menghindari.

Judul berita yang provokatif terkadang hanya ingin meningkatkan jumlah kunjungan dan dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan lainnya. Oleh sebab itu lah memang ada baiknya untuk membaca berita dari situs berita yang terpercaya dan bukan abal-abal. Beberapa orang memang sengaja membuat serius berita untuk menyebarluaskan hoax.

Itulah beberapa cara untuk menghindari hoax. Dengan membaca cara diatas maka anda bisa menghindari berita yang tidak sesuai dengan fakta dan lebih berhati-hati dalam membaca berita karena berita palsu atau hoax ini cukup berbahaya untuk diri anda dan orang lain dan bahkan tidak jarang hoaox hanya digunakan sebagai adu domba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
rinald
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
andre
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
abdul rahmad
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
2 minggu yang lalu
 
mamacomm
Jumlah pesanan 0.00 IDR
3 minggu yang lalu
 
hendy
Jumlah pesanan 175000.00 IDR
3 minggu yang lalu