Aplikasi Tik Tok dan Apa Saja Pengaruhnya Untuk Para Kaum Muda?

Aplikasi Tik Tok bisa digunakan bersama-sama dengan teman-teman

Aplikasi Tik Tok dan Apa Saja Pengaruhnya – Para kaum muda terutama anak-anak remaja merupakan umur yang sedang mencari jati dirinya, maka tidak heran kalau mereka senang membuat sesuatunya menjadi pusat perhatian begitu pula menjadi viral. Dengan tidak berpikir panjang, tentu mereka akan melakukan berbagai cara agar bisa menjadi pusat perhatian dan tidak tanggung-tanggung mereka mengikuti berbagai perkembangan zaman sekarang, sehingga mereka disebut sebagai anak zaman now.

Namun, seiring berkembangnya zaman teknologi, kini sudah semakin banyak aplikasi-aplikasi yang bisa mereka gunakan sebagai media pusat perhatiannya mereka dan salah satunya adalah aplikasi Tik Tok. Aplikasi yang satu ini memang sedang viral-viralnya dan sangat populer di kalangan anak muda Indonesia.

Dengan berbagai macam fitur yang unik, tentu Anda bisa menghasilkan video yang menarik. Tidak sedikit penggunanya yang menghasilkan video yang unik-unik dan membuatnya menjadi viral. Anda pun bisa mengunggahnya ke berbagai macam social media yang membuat video buatan Anda bisa dilihat oleh orang lain.

Dengan memiliki fitur pemberian backsound, seperti lagu atau sekedar musik, penggunanya bisa memasukan berbagai macam lagu atau musik kesukaan mereka agar video pun menjadi tampak lebih menarik. Penggunanya pun bisa menggabungkan beberapa video yang sebelumnya pernah mereka rekam dan memberikan efek-efek menarik, seperti special effect yang tentu akan membuat orang lain menontonnya.

Tapi, semakin populernya aplikasi yang satu ini dan berkembangnya teknologi di kalangan anak muda Indonesia, kebanyakan penggunanya adalah anak-anak yang masih umur belasan dan cukup sedikit untuk orang-orang yang berumur 20 tahun ke atas. Tapi tahukah Anda, kalau saat ini anak-anak Sekolah Dasar (SD) pun juga menggunakan aplikasi Tik Tok karena juga ingin sekali terkenal.

Tentu hal tersebut cukup mencengangkan para orang tua karena aplikasi asal China ini juga mampu menarik perhatian anak-anak yang umurnya masih kecil dan belum matang. Hal ini akan cukup menakutkan apabila mereka menonton dan mengikuti video-video yang tidak baik untuk mereka. Selain itu, masih banyak lagi dampak-dampak lain yang bisa mereka dapatkan, baik secara negatif maupun positif.

Dampak apa saja sih yang akan mereka dapatkan jika mereka terus menerus menggunakan aplikasi Tik Tok? Penasaran? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai dampak negatif untuk para kaum muda selama menggunakan aplikasi Tik Tok.

1. Mengikuti konten video yang tidak baik

Aplikasi Tik Tok bisa digunakan bersama-sama dengan teman-teman

Sudah banyak kaum muda atau mungkin Anda termasuk salah satu orang yang aktif di social media, seperti di Instagram atau Facebook, bahkan Youtube, pasti akan melihat berbagai macam orang yang membuat konten video untuk menarik perhatian para netizen. Namun, tidak jarang Anda menemukan orang-orang yang mengunggah video mereka melalui aplikasi Tik Tok.

Ketika kaum muda melihat konten-konten video tersebut, tentu ada kemungkinan mereka akan mengikuti konten video tersebut. Jika konten video yang mereka tonton adalah hal yang baik, maka tidak perlu dikhawatirkan lagi. Tapi, jika mereka menonton konten video yang tidak baik, sudah dipastikan mereka akan mengikuti konten video yang tidak baik tersebut.

2. Bisa membuang-buang waktu (sia-sia)

Lebih baik gunakan Tik Tok untuk hal yang lucu-lucu bukan membuat video yang tidak mendidik

Kaum muda saat ini sudah tidak bisa dilepaskan dari smartphone mereka, karena internet sudah memakan waktu mereka, tidak terkecuali juga aplikasi Tik Tok. Aplikasi Tik Tok memang untuk hiburan mereka dalam merekam dan mengedit video hingga tampak menarik. Namun, jika terus menerus dilakukan, mereka bisa saja lupa waktu dan segala aktivitas belajar atau aktivitas di luar ruangan tidak lagi mereka lakukan.

Tentu hal tersebut bisa membuat kinerja otak dan fisik para kaum muda menurun. Yang mereka pikirkan hanya ingin menjadi terkenal, menjadi pusat perhatian, dan menjadi viral, sehingga hal lain pun tidak mereka pikirkan lagi. Sudah pasti bermain aplikasi Tik Tok yang terus menerus tanpa melihat waktu adalah hal yang sia-sia.

3. Aplikasi yang bisa memakan banyak memori smartphone

Jika tidak digunakan dengan benar, maka akan mengundang hal negatif dari para penontonnya

Aplikasi Tik Tok merupakan aplikasi editing video, sehingga Anda membutuhkan memori smartphone yang tidak sedikit. Apalagi kalau video-video yang tersimpan setelah merekamnya akan tersimpan dalam memori smartphone, sehingga beban memori pun akan semakin bertambah.

Selain dampak negatifnya, ada pula dampak positifnya. Tentu dampak positif ini biisa didapat jika menggunakannya masih di batas kewajaran.

1. Mengisi waktu luang

Jika para kaum sedang merasa bosan, biasanya mereka hanya berdiam diri di dalam rumah saja. Jadi, tidak sedikit kaum muda yang sedang bosan mencoba aplikasi Tik Tok ini untuk mengisi waktu luang mereka dibandingkan mereka pergi dan melakukan aktivitas yang tidak jelas.

2. Bersenang-senang dengan teman-teman

Aplikasi Tik Tok tidak hanya dinikmati untuk diri sendiri, tapi juga dengan teman-teman lain. Kebanyakan kaum muda menghabiskan waktunya bersama dengan teman-temannya. Kalau mereka menggunakan aplikasi ini, mereka pun bisa merekam kebersamaan mereka dengan cara yang unik dan menarik.

Itulah beberapa dampak negatif dan positif yang diterima kaum muda jika menggunakan aplikasi Tik Tok. Yang perlu diingat adalah gunakan aplikasi Tik Tok sewajarnya saja dengan membuat konten video yang lebih mendidik atau menarik tanpa harus membuat orang lain merasa tidak nyaman.

instagram-followers
stella
Jumlah pesanan 450000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
instagram-followers
Muhammad
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
4 hari yang lalu
 
facebook-fotolikes
Eko
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
facebook-fotolikes
Eko
Jumlah pesanan 95000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
instagram-followers
Martin
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
5 hari yang lalu
 
WhatsApp chat