Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan Marketplace untuk Jualan Online

Marketplace Shopee, marketplace Tokopedia, marketplace Bukalapak dan berbagai macam marketplace yang lain adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk secara online. Cara tersebut dianggap cukup efektif untuk dilakukan. Tentu saja dengan catatan perlu dilakukan dengan cara yang benar.

Salah satu hal yang perlu kamu kerjakan ketika memiliki marketplace adalah dengan menambah jumlah followers, likes dan comments di tiap produk yang kamu unggah. Jika jumlah ketiga hal itu cukup tinggi, akan ada banyak orang yang percaya dengan toko online yang kamu punya sehingga kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, beberapa marketplace juga akan menempatkan too online dengan jumlah likes, comments dan followers yang tinggi di halaman pertamanya.

Beberapa alasan yang menjadikan marketplace bisa menaikkan penjualan

Meski bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan keuntungan di toko online, tapi dalam kenyataannya, marketplace adalah cara yang cukup jitu bila dibandingkan dengan cara yang lain, seperti menggunakan media sosial dan sejenisnya. Inilah alasan yang perlu kamu ketahui agar kamu segera membuat toko di marketplace.

1. Mudah untuk dilakukan

Alasan pertama yang bisa kamu temukan tentu saja karena menggunakan marketplace sangat mudah dan murah untuk dilakukan. Bahkan, menggunakan marketplace tidak membutuhkan biaya sedikit pun karena kamu bisa mendaftar dan membuka toko secara gratis. Bayangkan bila kamu perlu membuat website sendiri. Tentu saja kamu perlu membayar berbagai macam hal, mulai dari server dan lain sebagainya. Dengan memakai market place, kamu hanya perlu melakukan TOC atau tap or click dan produkmu sudah siap untuk dipasarkan.

2. Penjual dan pembeli bertemu

Sama seperti pasar, marketplace juga digunakan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan, apalagi bagi kamu yang memiliki toko online sebagai usaha sampingan sehingga tidak banyak waktu yang kamu punya. Bila dibandingkan dengan memasarkan produkmu di media sosial, tentu saja memakai marketplace jauh lebih menguntungkan. Pengguna media sosial menggunakan platform tersebut untuk berinteraksi dengan teman dan relasi yang dimiliki. Berbeda halnya dengan marketplace. Orang-orang yang menggunakan marketplace memang ingin membeli sesuatu sehingga barang yang kamu jual memiliki kemungkinan untuk dibeli lebih tinggi.

3. Promo, promo dan promo

Promo berupa diskon banyak dijumpai di pusat perbelanjaan seperti mall atau departement store. Hal tersebut juga berlaku bila kamu memakai marketplace. Ada banyak sekali promo berupa diskon yang diberikan oleh beberapa marketplace. Hal itu tentu saja akan sangat menguntungkan, baik bagi penjual ataupun pembeli. Bagi pembeli, tentu saja keuntungan yang didapat berupa diskon. Bagi penjual, keuntungan yang bisa didapat adalah banyaknya pengunjung yang datang membeli produk yang dijual. Bila dibandingkan membuka toko di mall, tentu saja keuntungan lain yang bisa didapat adalah kamu tidak perlu terlalu lelah menjaga toko seharian.

4. Harga dihitung secara otomatis

Seringkali, kamu bisa merasa bingung untuk menetapkan harga. Bagaimana harga normal, bagaimana harga promo dan lain sebagainya. Dengan menggunakan marketplace, kamu tidak perlu lagi khawatir tentang hal tersebut. Mulai dari harga normal, harga promo, berapa harga akhir yang perlu dibayar oleh pelanggan, jumlah biaya pengiriman dan harga lain sudah tersedia secara otomatis. Sejarah penjualan juga akan terekam dengan baik bila kamu memakai marketplace. Bahkan, untuk fitur tambahan yang lebih canggih, marketplace juga menyediakan fitur lain berupa pencatatan omzet dan lain sebagainya yang sangat menguntungkan administrasi penjual.

5. Kapan saja dan di mana saja

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari menjual barang secara online adalah produk yang dijual bisa diakses oleh pelanggan kapan saja dan di mana saja. Selama masih ada sinyal internet, tiap penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi. Dengan adanya kemajuan teknologi seperti ini, tentu saja akan lebih menguntungkan karena proses jual dan beli tidak pernah berhenti. Bila kamu sudah memiliki toko online dengan jumlah pembeli yang cukup banyak setiap harinya, kamu bisa membayar orang untuk bekerja sebagai admin. Pekerjakan beberapa orang yang akan bergiliran menjaga toko online. Tugasnya pun beragam, mulai dari membuat deskripsi produk, membalas pertanyaan pelanggan, melakukan proses pemesanan dan lain sebagainya.

Beberapa alasan di atas tentu saja diharap bisa memotivasi kamu untuk segera memiliki toko online di marketplace. Jangan lupa untuk selalu menambah wawasan bisnis agar toko online yang kamu punya semakin berkembang. Kamu bisa mencari ilmu di internet, membaca buku, mengikuti workshop, sharing dengan orang lain, serta kegiatan bermanfaat lain untuk memajukan usaha yang kamu punya. Selalu jaga kepercayaan pelanggan dengan memberikan layanan yang baik dan penuh dengan kejujuran. Jangan sampai pelanggan kabur ke toko online lain karena pelayananmu yang tidak maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Tammy
Jumlah pesanan 345000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
Seravina
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
sapwaturrahman
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
nold
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
2 hari yang lalu
 
Akmal
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
3 hari yang lalu