Suka Baca Tapi Males Beli Buku? Fanfiction Jawabannya

Ada berbagai macam genre tulisan. Salah satu yang cukup populer saat ini adalah Fan Fiction. Genre tersebut banyak diminati karena memiliki alur cerita spesifik, unik, dan menarik.

Akses membacanya pun juga sangat mudah. Saat ini sudah banyak platform dan aplikasi bisa digunakan. Kamu bisa cek aplikasi ini untuk mendapatkan fanfiction dengan rasa seperti membaca buku.

Aplikasi untuk Membaca Fan Fiction (FF)

1. Twitter

Selain sebagai platform media sosial, Twitter memang kerap dipakai dalam berbagai hal, terutama berkaitan dengan tulisan-tulisan menarik. Itulah sebabnya banyak sekali cerita viral berawal dari platform tersebut. Membaca FF pun juga sangat mungkin dilakukan. Pengguna Twitter biasa menyebutnya sebagai Alternate Universe. Beberapa pembaca memang agak kurang setuju, namun sepertinya hal tersebut sudah cukup mendarah daging.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Biasanya tulisan Alternate Universe ini berupa gambar. Oleh karena itu, beberapa kerap mengeluhkan terlalu banyak memakan kuota. Akan tetapi, jika Kamu memiliki kuota berlebih, sepertinya hal tersebut bukan menjadi masalah berarti. Selain masalah kuota, Kamu juga harus melakukan retweet sebagai “bookmark” jika ingin menandai bacaan terakhir.

2. WordPress

Saat ini memang cukup banyak platform baru yang mengakomodasi pembaca FF. Namun, sebelum platform tersebut muncul, WordPress lah pilihan utama untuk membaca berbagai cerita FF dengan nyaman. Tidak hanya melalui PC, WordPress juga bisa diakses melalui smartphone sehingga cukup praktis membaca di mana saja dan kapan saja.

Biasanya setiap fandom akan mempunyai alamat WordPress masing-masing. Jadi, Kamu perlu melakukan pencarian terlebih dahulu sesuai kesukaan. Penulis yang memang sudah berkualitas pasti akan melengkapi cerita dengan berbagai informasi seperti genre, rating, summary, panjang tulisan, bahkan juga cover.

3. Wattpad

Bagi yang memiliki hobi membaca pasti sudah tidak asing lagi dengan platform tersebut. Wattpad menjadi salah satu platform penulis-pembaca cukup banyak digunakan akhir-akhir ini. Berbagai genre tulisan bisa diakses, salah satunya adalah FF. Meskipun suasananya sudah berbeda dibandingkan pertama kali rilis, nyatanya masih banyak orang memilih Wattpad sebagai media menulis serta membaca.

4. Archive of Our Own

Terakhir adalah Archive of Our Own atau kerap juga disebut AO3. Salah satu keunggulan platform ini adalah kamu bisa menemukan cerita super keren dengan variasi tema yang beragama. Selain itu, berbagai variasi juga tersedia sehingga pembaca tidak akan pernah merasa bosan. Bahkan, ada cerita mengisahkan percintaan antara karakter manusia dengan tumbuhan atau benda. Sungguh sebuah hal baru yang sangat menyenangkan.

Jadi, dari keempat tempat membaca Fan Fiction di atas, mana yang paling menarik untuk Kamu coba? Pastinya, akan lebih baik jika mencobanya satu per satu kemudian pilih sesuai selera masing-masing.

Membantu meningkatkan potensi bisnis Anda melalui media sosial

Tingkatkan reputasi bisnis Anda

Belifollowers adalah agensi dan provider penyedia jasa manajemen dan optimasi sosial media yang menyediakan berbagai macam aktivitas marketing media sosial untuk meningkatkan popularitas dan visibilitas akun sosial media anda


Optimasi akun sosial media dapat membantu aktifitas sosial media marketing usaha anda agar terlihat lebih terpercaya dan kredibel di mata customer atau klien anda.

Jasa Media Sosial Terpercaya

Dipercaya lebih dari 8 tahun oleh berbagai jenis perusahaan dan individual, mulai dari usaha kecil menengah hingga multi-nasional dan mulai dari public figure sampai politisi.


Belifollowers menyediakan solusi untuk meningkatkan followers di Instagram, Twitter, Youtube, Facebook, Tik Tok dan media sosial lainnya. Disamping itu juga Jasa Digital Marketing seperti jasa pembangunan website bisnis dan iklan digital (Google Adwords, Facebook, Instagram dan Twitter Ads).

Copyright: © 2024 Belifollowers.com Social Media Agency. All Rights Reserved.