5 Poin Penting Tips Sukses Jualan di Facebook

Tips Sukses Jualan di Facebook – Masyarakat dunia sudah pasti mengenal jejaring sosial paling populer facebook. Situs untuk mencari teman ini sudah diakses mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahkan terkadang, satu orang memiliki lebih dari satu akun facebook yang digunakan untuk berbagai macam hal. Seperti yang sedang populer akhir-akhir ini, facebook dijadikan media untuk promosi sekaligus berjualan barang dagang secara online.

Namun, dari sekian banyak pedagang di facebook, beberapa ada yang menghentikan aktivitasnya tersebut lantaran ekspektasi penjualan barangnya tak sesuai dengan hasil yang diperoleh. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya promosi atau penanganan terhadap pelanggan yang buruk. Untuk mencegah kejadian tersebut menimpa Anda, mari simak beberapa tips sukses jualan di facebook berikut ini, supaya Anda menjadi pedagang online yang berhasil.

1. Jadikan Facebook Anda sebagai Halaman Khusus Berjualan

Supaya produk Anda mendapat perhatian dari teman-teman di facebook, alih fungsikan facebook Anda menjadi halaman khusus untuk berdagang. Atau, Anda juga bisa membuat akun baru dan add semua akun teman di facebook yang lama. Sebab, ketika Anda mencampur urusan pribadi dengan jualan, beberapa teman kadang merasa ilfil dan malah unfriend akun Anda. Selain itu, teman-teman jadi tidak fokus dan bertanya-tanya apakah Anda sedang benar-benar berjualan atau hanya sekedar upload-upload cantik.

2. Tentukan Jenis Produk yang Dijual di Facebook

Untuk berdagang, Anda harus mengerti pasar yang menjadi target. Jika pasar Anda adalah remaja, menjual pakaian model korea, kerudung, pernak-pernik, tas cantik dan sepatu kekinian adalah jenis produk yang cocok untuk Anda jual. Berbeda lagi jika tujuan Anda adalah penikmat barang elektronik, maka ketika Anda ingin jual aksesorisnya, yang bisa Anda perdagangkan adalah alat-alat seperti charger, headset, keyboard, powerbank, mouse dan lain-lain. Sesuaikan juga dengan selera pasar dan apa yang sedang tren saat itu.

3. Menggaet Teman Lebih Banyak untuk Meningkatkan Penjualan

Usai menyiapkan halaman facebook dan jenis produk yang dijual, saatnya mencari teman sebanyak-banyaknya sebagai salah satu tips sukses jualan di facebook. Bagaimana caranya? Yaitu sering-seringlah bergabung dengan grub tertentu. Usahakan grub yang Anda masuki sesuai dengan pasar Anda. Kemudian berinteraksilah dengan anggota grub dan add facebook mereka. Sehari cukup 20 sampai 30 orang yang ditambahkan. Mungkin tidak semuanya akan menerima permintaan pertemanan, tapi jika Anda ramah di dalam grub pasti lama-lama teman Anda akan banyak. Apabila sudah begitu, cobalah tawarkan produk Anda pelan-pelan.

4. Rajin Upload Foto dan Menghubungkannya dengan Sosial Media Lain

Tips sukses jualan di facebook yang paling penting adalah rajin-rajinlah upload foto barang dagangan Anda. Jika Anda sendiri malas mengupload foto, bagaimana mungkin akan ada yang tertarik, malah mungkin Anda dikira tidak serius berjualan. Untuk mengunggah foto juga ada triknya, yang perlu Anda perhatikan adalah estetika atau keindahan foto yang Anda unggah. Usahakan ketika memotret barang, beri background yang bagus dengan tata letak yang pas. Kemudian, jangan lupa caption dibuat kreatif dan tagg seperlunya, jangan berlebihan.

Apabila cara tersebut sudah diterapkan, jangan lupa me-link atau menyambungkan unggahan Anda ke media sosial lain seperti instagram, twitter atau blog pribadi. Hal ini supaya pasar Anda tidak hanya di facebook saja.

5. Interaksi dengan Pelanggan dengan Baik dan Sopan

Untuk meningkatkan penjualan, interaksi antara admin facebook dan pelanggannya sangat perlu. Sebagai penjual, Anda jangan mudah bawa perasaan alias baper. Hadapi pelanggan dengan ramah dan sabar. Selain itu, sebaiknya Anda tidak sering curhat di lapak jualan. Beberapa pelanggan setia bisa kehilangan minat, jika sedikit-sedikit Anda mengeluh di lapak jualan alih-alih upload produk baru. Kecuali untuk hal mendesak, sebaiknya dihindari.

Interaksi ini juga menyangkut bagaimana cara Anda melempar isu supaya ditanggapi pelanggan. Isu juga sebaiknya tidak melenceng dari produk yang sedang Anda jual. Misalnya, Anda jualan pakaian wanita, lalu lempar isu seputar artis wanita yang mengenakan pakaian tertentu dengan tujuan bertanya, apakah ada pelanggan yang mau membeli pakaian dengan model sama seperti si artis jika Anda menjualnya. Selain meningkatkan komunikasi, salah satu tips sukses jualan di facebook ini pun sebagai survei gratis untuk mengetahui minat pelanggan.

Seperti itulah beberapa tips sukses jualan di facebook yang sebaiknya Anda terapkan. Anda harus melakukannya dengan telaten dan sabar. Jika ingin keuntungan besar yang lumayan cepat, Anda bisa pakai facebook Ads, meskipun berbayar tapi tidak ada salahnya dicoba. Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat di WhatsApp
Wulandari
Jumlah pesanan 250000.00 IDR
1 hari yang lalu
 
mamacommid
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
ray
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
ray
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
1 minggu yang lalu
 
Rsbp
Jumlah pesanan 125000.00 IDR
2 minggu yang lalu